Bupati Wonogiri Joko Sutopo. (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos) Bupati Wonogiri Joko Sutopo. (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos)
Selasa, 10 Oktober 2017 21:35 WIB Rudi Hartono/JIBI/Solopos Wonogiri Share :

OLAHRAGA WONOGIRI
Bupati Jekek Ikut Kejurnas Downhill 2017 di Gunung Belah

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek bakal mengikuti kejurnas downhill di Gunung Belah.

Solopos.com, WONOGIRI — Kabupaten Wonogiri akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 76 Indonesian Downhill (IDH) Urban 2017, Sabtu-Minggu (14-15/10/2017) mendatang.

Olahraga ekstrem itu bakal digelar di Gajah Mungkur Donwhill Track di Gunung Belah kawasan Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri. Bupati Joko Sutopo yang akrab disapa Jekek direncanakan ikut bertanding di salah satu kelas.

Ketua Panitia Lokal Kejurnas 76 IDH Urban 2017, Fredy Sasono, saat ditemui Solopos.com di Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Selasa (10/10/2017), menyampaikan Wonogiri turut bangga menjadi tuan rumah ajang tingkat nasional tersebut. Persiapan sudah dilakukan sejak sebulan terakhir, khususnya pembuatan sirkuit.

Sirkuat dibuat komunitas pencinta olahraga sepeda ekstrem, Wonogiri Mountain Bike (WMTB). Sebelumnya panitia sudah berkoordinasi dengan Perum Jasa Tirta selaku pihak yang berwewenang atas lokasi tersebut.

Sirkuit dibuat sepanjang 930 meter dengan elevasi kemiringan 93 meter. Garis start di dekat tower di Gunung Belah dan berakhir di dekat spillway atau pintu air WGM. Pembuatan sirkuit sudah rampung, tetapi masih perlu kelengkapan untuk kepentingan safety, seperti garis lintasan, dan sebagainya.

Kelengkapan tersebut akan dipasang panitia tingkat pusat. Panitia lokal juga sudah menyiapkan tiga ambulans, tiga tim evakuasi, dan satu tenda medical check up.

“Silakan warga berbondong-bondong datang menyaksikan dari pukul 08.00 WIB-16.00 WIB, gratis. Kami sudah menyiapkan tenda untuk penonton di lokasi yang representatif. Di tenda penonton bisa menonton melalui tayangan live streaming. Tapi kalau mau nonton di garis start atau finis juga boleh,” kata Sekretaris Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DKOP) itu.

Dia melanjutkan lebih dari 300 riders akan bertanding di delapan kelas, termasuk Bupati Joko Sutopo. Kelas yang dipertandingkan yakni master A, B, C, D, woman elite, man elite, women open, dan man junior. Pertandingan akan dibagi dua sesi, yakni sesi kualifikasi atau seeding run pada Sabtu dan pertandingan atau final run pada Minggu.

Bupati akan mengikuti kelas master C yang diperuntukkan rider berusia 40-45 tahun. Seperti diketahui, Bupati yang akrab disapa Jekek itu merupakan pehobi olahraga sepeda. Dia kerap bersepeda dengan menempuh lintasan jarak jauh.

Teranyar, Bupati bersepeda dari rumah dinasnya di kompleks Sekretariat Daerah (Setda) dekat Alun-Alun Giri Krida Bakti hingga Desa Waleng, Girimarto. “Sebanyak 14 riders dari Wonogiri, termasuk Bupati, akan ikut bertanding. Mereka, kecuali Bupati, bakal mengikuti semua kelas. Mari kita beri semangat para rider Wonogiri agar bisa memberi prestasi terbaik,” imbuh Fredy.

Kepala Divisi Air dan Jasa Air III Perum Jasa Tirta I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Erwando Rahmadi, berharap semua pihak mematuhi ketentuan untuk tidak berada di kawasan spillway. Dia akan menerjunkan petugas keamanan untuk menjaganya agar tetap steril dari kegiatan. Sebelumnya dia sudah menekankan hal itu saat koordinasi dengan panitia.

lowongan pekerjaan
STAFF ADMINISTRASI & KEUANGAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Wow, 1,5 Ton Apem Disiapkan untuk Upacara Adat Wonolelo

Rangkaian upacara adat Ki Ageng Wonolelo digelar di Pondok Wonolelo Widodomartani Ngemplak sejak Jumat (13/10/2017) malam Solopos.com, SLEMAN–  Rangkaian upacara adat Ki Ageng Wonolelo digelar di Pondok Wonolelo Widodomartani Ngemplak sejak Jumat (13/10/2017) malam. Event ini diharapkan dapat berdampak positif…