Jatim
Senin, 9 Oktober 2017 - 22:05 WIB

TOL SOLO-KERTOSONO : Ruas Tol Ngawi-Kertosono Diresmikan sebelum Natal 2017

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol di kawasan Gondangrejo, Karanganyar. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Sebelum perayaan Natal 2017 ruas jalan tol Ngawi-Kertosono akan diresmikan.

Madiunpos.com, MADIUN — Ruas tol Ngawi-Kertosono yang merupakan bagian dari tol Solo-Kertosono (Soker) akan diresmikan dan dapat dilintasi kendaraan menjelang Natal 2017.

Advertisement

Pembangunan ruas tol sepanjang 87,02 km tersebut saat ini sudah mencapai 90%. Direktur Teknis PT Ngawi Kertosono Jaya, Yudi Darmawan, mengatakan ruas tol Ngawi-Kertosono merupakan bagian yang harus dioperasionalkan pada tahun ini.

“Sesuai arahan dari kementerian, tol Ngawi-Kertosono akan dioperasikan pada Desember 2017,” kata dia, Senin (9/10/2017).

Dia menuturkan pekerjaan fisik ruas tol telah mencapai sekitar 90%. Dia optimistis pada Desember pembangunan rampung dan bisa segera dibuka.

Advertisement

Secara fisik, kata Yudi, pembangunan tinggal pekerjaan rigid di beberapa lokasi. Meski demikian masih ada kendala yang menyebabkan pekerjaan molor.

Dia menyebut ada satu bidang tanah milik warga di Ngawi yang belum dibebaskan. Selain itu ada beberapa tanah wakaf yang juga belum dibebaskan.

“Kalau soal itu, insya Allah Oktober selesai. Kami telah berkoordinasi dengan PPK [pejabat pembuat komitmen] pembebasan tanah,” ungkap dia.

Advertisement

Alasan pemilik tanah belum mau membebaskan tanah tersebut karena harga ganti rugi belum sesuai. Warga meminta tanah tersebut dihargai di atas perhitungan yang ditetapkan pemerintah.

Sesuai aturan, bila pemilik tanah tidak setuju dengan ganti rugi yang ditawarkan, tanah akan tetap dieksekusi dengan sistem konsinyasi. Pemerintah akan melakukan pencabutan kepemilikan melalui pengadilan.

“Bila dua kali peringatan tidak dihiraukan akan dilakukan eksekusi bekerja sama dengan aparat kepolisian setempat,” kata Yudi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif