Jogja
Senin, 9 Oktober 2017 - 00:40 WIB

TNI Jogja Gelar Teater Jawa

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Persiapan teater tradisional Jawa di Mako Korem 072/Pamungkas DIY, Senin (9/10/2017). (Istimewa/ Korem 072/Pamungkas)

Korem 072/Pamungkas menggelar kesenian teater.

Harianjogja.com, JOGJA– Komando Resimen Militer (Korem) 072/Pamungkas DIY bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Kota Jogja menggelar teater tradisional Jawa alias ketoprak sebagai rangkaian perayaan HUT TNI ke-72. Pergelaran teater tradisional tersebut akan diselenggarakan pada Selasa (10/10/2017) malam di markas komando (Mako) Korem 072/Pamungkas.

Advertisement

Kegiatan teater tradisional Jawa yang akan dimulai pukul 19.00 WIB itu mengambil tema “Ledhek Bariyem”. Kepala Seksi Teritorial Korem 072/Pamungkas Kolonel Arm Indro Respati menyatakan, pergelaran teater tradisional Jawa itu akan dimainkan oleh anggota Korem 072/Pamungkas.

Dikatakannya, Korem selalu berkomitmen untuk turut serta berkontribusi nyata dalam merawat budaya yang bermartabat dan berkelanjutan. Antara lain mempersembahkan   kesenian tradional yang merakyat dan menginspirasi generasi selanjutnya.

“Pergelaran kesenian rakyat ini merupakan kontribusi nyata untuk mewujudkan renaisans Jogja yang ditujukan guna terciptanya peradaban baru unggul yang menghasilkan manusia Indonesia yang utama [jalmo kang utamo] yang berasaskan rasa ketuhanan, rasa kemanusiaan, dan rasa keadilan dengan mengandalkan modal dasar kebudayaan dan pendidikan,” Indro Respati dalam siaran persnya, Senin (9/10/2017).

Advertisement

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) Mayor Caj Syamsul Ma’arif menuturkan, Korem mencoba mengemas cerita dalam teater ini dengan memegang erat tradisi Jawa yg merupakan hasil dari budaya leluhur. “Sekarang telah menjadi budaya Indonesia yang patut dilestarikan,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif