Dua pekerja membongkar plakat Adipura yang ditempel di tugu proliman Solo Baru, Sukoharjo, akhir pekan lalu. (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos) Dua pekerja membongkar plakat Adipura yang ditempel di tugu proliman Solo Baru, Sukoharjo, akhir pekan lalu. (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)
Senin, 9 Oktober 2017 16:35 WIB Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos Sukoharjo Share :

PEMBANGUNAN SUKOHARJO
Tugu Adipura Simpang Empat The Park Solo Baru Batal Dibangun Tahun Ini

Rencana pembangunan Tugu Adipura di Simpang Empat The Park Solo Baru gagal dibangun tahun ini.

Solopos.com, SUKOHARJO — Rencana pembangunan Tugu Adipura oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Sukoharjo di Simpang Empat The Park Solo Baru, Grogol, harus ditunda tahun depan.

Hal itu karena lelang yang digelar Dinas PKP untuk proyek itu gagal mendapat pemenang. Lelang itu hanya diikuti satu rekanan dan tak memenuhi syarat.

Dinas PKP tidak melelang ulang pembangunan tugu Adipura di Simpang Empat The Park karena waktunya tidak memungkinkan. Dinas PKP akan mengajukan lagi anggaran untuk pembangunan tugu Adipura ini tahun depan.

Dengan demikian, hanya satu tugu Adipura yang akan dibangun tahun ini yakni di Proliman, Sukoharjo. Kepala Dinas PKP Sukoharjo, Bambang Sutrisno, saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (9/10/2017), menjelaskan pemenang lelang pembuatan tugu Adipura proliman adalah CV Adipura Jaya, Sukoharjo.

“Lelang pembangunan tugu Adipura Solo Baru, Grogol, diikuti satu peserta tetapi setelah dicek persyaratannya oleh panitia tidak memenuhi sehingga gagal lelang,” kata Bambang didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tersebut, Lanjar Budi.

Pembangunan tugu Adipura Proliman ditarget selesai dalam waktu 170 hari atau pertengahan Desember. “Luas atau lebar bangunan tugu Adipura masih sama dengan yang lama karena jika diperluas akan mengganggu arus lalu lintas.”

PPK Pembangunan Tugu Adipura Proliman, Lanjar Budi, menambahkan perbedaan tugu baru Adipura Proliman adalah tinggi bertambah tiga meter menjadi 10 meter. Tugu Adipura Proliman sudah mulai dirobohkan Sabtu (7/10/2017) malam

Pantauan Solopos.com di laman LPSE Sukoharjo tertulis ada 33 peserta lelang proyek pembangunan Tugu Adipura Proliman tetapi hanya dua rekanan yang mengajukan penawaran. CV Adipura Jaya mengajukan harga penawaran pertama senilai Rp354.511.000 kemudian harga terkoreksi menjadi Rp270.980.000.

Sedangkan CV Tri Karsa Manunggal mengajukan harga penawaran pertama senilai Rp306.346.000 dan terkoreksi menjadi Rp294.562.000. Setelah proses penelitian oleh panitia lelang, CV Adipura Jaya dinyatakan sebagai pemenang dengan nilai Rp270.980.000.

Pagu anggaran pembangunan tugu Adipura Proliman senilai Rp367,48 juta. Diberitakan sebelumnya, Pemkab Sukoharjo menganggarkan pembangunan tugu baru Adipura senilai Rp800 juta.

Dua tugu direncanakan dibangun di tempat terpisah yakni di simpang empat The Park Solo Baru, dan Proliman Sukoharjo. Anggaran tersebut disetujui dalam APBD Perubahan 2017.

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, saat itu menyatakan pembangunan tugu Adipura itu sebagai bentuk penghargaan terhadap kinerja birokrasi Sukoharjo.

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

WISATA SOLO
THR Sriwedari Lebih Ramai setelah Pengumuman bakal Tutup

Karyawan THR Sriwedari menyebut objek wisata itu lebih ramai setelah ada pengumuman bakal tutup. Solopos.com, SOLO — Para pegawai Taman Hiburan Remaja (THR) Sriwedari sudah tahu rencana penutupan wahana wisata tempat mereka bekerja. Sebagian bisa memahami kondisi itu dan sebagian…