Sport
Senin, 9 Oktober 2017 - 01:25 WIB

Nigeria, Wakil Afrika Pertama di Piala Dunia 2018

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Timnas Nigeria (premiumtimesng.com)

Nigeria memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018.

Solopos.com, AKWA IBOM — Timnas Nigeria menjadi wakil pertama dari Benua Afrika yang lolos ke Piala Dunia (PD) 2018 menyusul kemenangan 1-0 atas Zambia di Stadion Godswil Akpabio, Sabtu (7/10/2017) malam WIB. Striker Arsenal, Alex Iwobi, menjadi pahlawan Nigeria dengan gol tunggalnya di menit ke-74.

Advertisement

Dengan hasil tersebut, tim berjuluk Elang Super itu kokoh di puncak klasemen Grup B dengan 13 poin. Mereka sudah tak mungkin dikejar Zambia yang mengumpulkan tujuh poin di posisi kedua meski masih menyisakan satu partai sisa. Ini adalah keikutsertaan keenam Nigeria di PD setelah sebelumnya lolos di PD tahun 1994, 1998, 2002, 2010 dan 2014.

Iwobi pun tak kuasa menutupi kegembiraannya seusai lolos ke Rusia. Lewat twitter, sang pemain menyebut tampil di PD adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Striker 21 tahun ini bersyukur bisa mencetak gol kemenangan bagi Elang Super.

Saat itu memang tak banyak yang menyangka Iwobi bakal menjadi aktor protagonis Nigeria. Baru tampil di menit ke-66 menggantikan Moses Simon, Iwobi langsung memecah kebuntuan tim delapan menit kemudian. “Saya sangat berterimakasih pada fans. Atmosfer di stadion sangat gila,” cuit Iwobi, seperti dilansir Premiumtimesng.com.

Advertisement

Arsenal tak ketinggalan memberikan selamat pada striker andalannya itu. “Dari akademi kami, membawa Nigeria lolos ke Piala Dunia. Kami semua bangga kepadamu,” cuit Arsenal di twitter resminya.

Pelatih Nigeria, Gernot Rohr, menyebut laga melawan Zambia kemarin merupakan laga terberatnya di Kualifikasi PD zona Afrika. Hal itu tak lepas dari tekanan agar Nigeria segera memastikan diri ke Rusia. “Kami bermain di kandang, tekanannya kian berlipat. Saya sangat gembira dengan kemenangan ini,” ujar Rohr.

Kelolosan Nigeria perlu diwaspadai negara peserta PD lain. Elang Super bisa membuat kejutan karena diperkuat pemain yang berpengalaman di Liga Premier Inggris seperti Victor Moses, Onyinye Ndidi, John Obi Mikel, Alex Iwobi, hingga Odion Ighalo.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif