Jateng
Senin, 9 Oktober 2017 - 15:50 WIB

KAMPUS DI SEMARANG : 7 Bulan Berlatih, Paduan Suara Unika Berjaya di Italia

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Paduan suara mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang, Gratia Choir. (news.unika.ac.id)

Kampus di Semarang, Unika Soegijapranata, para mahasiswanya berhasil mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional.

Semarangpos.com, SEMARANG – Paduan suara Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Kota Semarang, Gratia Choir, berjaya di pentas dunia. Tim yang beranggotakan 30 orang mahasiswa bersuara emas itu sukses menyabet lima medali emas dan satu perak di ajang kompetisi choir yang diadakan di Italia, beberapa waktu lalu.

Advertisement

Dilansir laman Internet resmi Unika Soegijapranata, tim paduan suara Gratia Choir tak hanya merebut lima emas dan satu perak. Gratia Choir juga berhasil meraih dua penghargaan khusus, yakni 2nd Place Grand Prix Competition dan Best Performance of Song from Italian Composer.

Pelatih sekaligus konduktor Gratia Chori, Alfonso Andika Wiratama, mengatakan untuk meraih prestasi di kancah internasional bukanlah sesuatu yang mudah.

“Gratia Choir berlatih dengan sangat intensif selama tujuh bulan untuk meraih prestasi ini. Selain itu, dalam kompetisi di Italia tersebut, Gratia Choir harus bersaing dengan peserta dari 12 negara lain,” kata Alfonso dikutip laman Internet resmi Unika Soegijapranata, Minggu (8/10/2017).

Advertisement

Di Italia, Gratia Choir mengikuti dua kompetisi paduan suara. Kompetisi pertama, yakni Rimini International Choral Competition yang diadakan di Kota Rimini, 21-24 September 2017.

Dalam kompetisi itu, Gratia Choir mengikuti tiga kategori lomba, yakni Sacred, Mixed Choir, dan Folkfore. Di kategori Mixed Choir dan Folkfore, Gratia Choir berhasil meraih medali emas. Sedangkan, di kategori Folkfore para mahasiswa kampus Unika berhasil menyabet perak setelah membawakan lagu-lagu daerah seperti Ugo-Ugo, Hela Rotane, Luk-Luk Lumbu, dan Yamko Rambe Yamko.

Selain Rimini International Choral Competition, selama di Italia Gratia Choir juga mengikuti kompetisi Andrea del Verrocchio International Choral Festival yang diadakan di Kota Florence, 26-29 September 2017. Di kompetisi ini, Gratia Choir tampil di kategori Youth and University Choir, Folkfore, serta Sacred.

Advertisement

Hasilnya, tak kalah memuaskan dari kompetisi yang pertama. Di Kota Florence, Gratia Choir asal kampus di Semarang itu mampu membawa pulang tiga medali emas untuk seluruh kategori yang diikuti. “Ini adalah sebuah pengalaman yang luar biasa bagi saya dan untuk itu saya sangat bersyukur karena mendapat kesempatan berpartisipasi serta memenangkan kontes internasional ini, sebelum lulus dari Unika,” ujar salah satu anggota Gratia Choir, Rosalia Hapsari.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif