Peserta BPJS Kesehatan menerima pelayanan dari petugas di Kantor BPJS DIY Gedong Kuning No. 130A Jogja, Selasa (26/7/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja) Peserta BPJS Kesehatan menerima pelayanan dari petugas di Kantor BPJS DIY Gedong Kuning No. 130A Jogja, Selasa (26/7/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)
Senin, 9 Oktober 2017 19:55 WIB Holy Kartika N. S/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Jarang yang Tahu, Pengobatan Gangguan Mental Ternyata Dilayani BPJS Kesehatan

Kesehatan jiwa atau mental diakomodasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Solopos.com, JOGJA-Kesehatan jiwa atau mental tengah menjadi persoalan yang banyak dialami sebagian besar masyarakat.

Layanan kesehatan ini juga telah diakomodasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Jogja, Sri Mugirahayu mengatakan program BPJS menjamin pelayanan kesehatan berdasarkan indikasi medis.

“Jadi gangguan jiwa pun termasuk indikasi media dan di-cover oleh BPJS Kesehatan,” ujar perempuan yang akrab disapa Cici kepada Harianjogja.com, Minggu (8/10/2017).

Cici mengatakan pasien yang menderita gangguan kesehatan mental banyak dilayani di RSJ Ghrasia. Bahkan, gampir seluruh pasien di rumah sakit ini merupakan peserta BPJS.

Lebih lanjut Cici mengatakan proses pemeriksaan atau layanan untuk mendapat perawatan bagi penderita gangguan mental pada dasarnya sama seperti penyakit lada umumnya.

Di mana melalui fasilitas kesehatan tingkat pertama, dan jika perlu dirujuk maka bisa direkomendasikan ke fasilitas kesehatan tingkat selanjutnya.

“Layanannya sama tidak jauh berbeda. Hampir semua rumah sakit sudah kerja sama. Tapi memang kalau Jogja hanya Ada satu RSJ, kalau rumah sakit lain cuma punya poli jiwa atau psikiatri,” jelas Cici.

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…