Ilustrasi Apple Inc (wadsam.com) Ilustrasi Apple Inc (wadsam.com)
Senin, 9 Oktober 2017 04:10 WIB JIBI/Solopos/Newswire Gadget Share :

Inikah Trik Apple Agar Pengguna Beli Smartphone Baru?

Beberapa pengguna sering mengeluhkan kinerja ponsel mereka yang menurun setelah Apple merilis IOS terbaru.

Solopos.com, SOLO – Beberapa pengguna Iphone sering mengeluhkan kinerja ponsel mereka yang melambat setiap Apple merilis IOS terbaru.

Dilaporkan Okezone dari Digitaltrends, Minggu (8/10/2017), teori ini merupakan salah satu konspirasi tertua dalam teknologi. Banyak yang berspekulasi Apple sengaja memperlambat model Iphone lawas agar pengguna melakukan upgrade ke model yang lebih baru, yang lebih mahal.

Kebenaran teori tersebut perlu dibuktikan dan sebuah penelitian baru tampak membantah rumor lama itu. Tech Crunch telah melaporkan Futuremark, pembuat sejumlah perangkat lunak benchmark, telah menyelesaikan uji coba sepanjang tahun yang melibatkan lebih dari 100.000 Iphone.

Data tersebut menjawab rumor terkait Apple yang sengaja memperlambat perangkat. Tes Futuremark melibatkan Iphone 5s, 6, 6s, 7 dan mereka menemukan tidak ada bukti penurunan yang disengaja.

Dalam kasus Iphone 5 yang dirilis pada 2013, performa GPU dan CPU tetap konsisten dari IOS 9 ke iOS 11. Ada beberapa variasi kecil, namun semuanya jatuh dalam rentang normal.

Dalam kasus model lainnya, kinerja GPU tetap konsisten seiring berjalannya waktu, namun ada sedikit penurunan kinerja CPU. Futuremark mencatat hal ini dapat dipengaruhi oleh pembaruan IOS, namun menekankan pengguna normal tidak mungkin memperhatikan penggunaannya secara reguler.

Futuremark menawarkan beberapa teori. Sebagai permulaan, aplikasi mungkin merupakan salah satu faktor penyumbang terbesar terhadap penurunan yang sebenarnya.

Aplikasi lama mungkin tidak dioptimalkan untuk versi IOS yang lebih baru yang menghasilkan sedikit pengoptimalan. Di sisi lain, aplikasi yang dirancang untuk perangkat baru mungkin tidak berjalan dengan baik pada smartphone yang lebih lama.

Futuremark mengakui satu area di mana pembaruan IOS mungkin bertanggung jawab atas kemunduran yakni penambahan fitur baru. Versi baru IOS dapat menambahkan fitur baru yang memakan lebih banyak daya pemrosesan sehingga ponsel yang lebih lawas melambat.

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…