Teknologi
Senin, 9 Oktober 2017 - 04:10 WIB

Inikah Trik Apple Agar Pengguna Beli Smartphone Baru?

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Apple Inc (wadsam.com)

Beberapa pengguna sering mengeluhkan kinerja ponsel mereka yang menurun setelah Apple merilis IOS terbaru.

Solopos.com, SOLO – Beberapa pengguna Iphone sering mengeluhkan kinerja ponsel mereka yang melambat setiap Apple merilis IOS terbaru.

Advertisement

Dilaporkan Okezone dari Digitaltrends, Minggu (8/10/2017), teori ini merupakan salah satu konspirasi tertua dalam teknologi. Banyak yang berspekulasi Apple sengaja memperlambat model Iphone lawas agar pengguna melakukan upgrade ke model yang lebih baru, yang lebih mahal.

Kebenaran teori tersebut perlu dibuktikan dan sebuah penelitian baru tampak membantah rumor lama itu. Tech Crunch telah melaporkan Futuremark, pembuat sejumlah perangkat lunak benchmark, telah menyelesaikan uji coba sepanjang tahun yang melibatkan lebih dari 100.000 Iphone.

Data tersebut menjawab rumor terkait Apple yang sengaja memperlambat perangkat. Tes Futuremark melibatkan Iphone 5s, 6, 6s, 7 dan mereka menemukan tidak ada bukti penurunan yang disengaja.

Advertisement

Dalam kasus Iphone 5 yang dirilis pada 2013, performa GPU dan CPU tetap konsisten dari IOS 9 ke iOS 11. Ada beberapa variasi kecil, namun semuanya jatuh dalam rentang normal.

Dalam kasus model lainnya, kinerja GPU tetap konsisten seiring berjalannya waktu, namun ada sedikit penurunan kinerja CPU. Futuremark mencatat hal ini dapat dipengaruhi oleh pembaruan IOS, namun menekankan pengguna normal tidak mungkin memperhatikan penggunaannya secara reguler.

Futuremark menawarkan beberapa teori. Sebagai permulaan, aplikasi mungkin merupakan salah satu faktor penyumbang terbesar terhadap penurunan yang sebenarnya.

Advertisement

Aplikasi lama mungkin tidak dioptimalkan untuk versi IOS yang lebih baru yang menghasilkan sedikit pengoptimalan. Di sisi lain, aplikasi yang dirancang untuk perangkat baru mungkin tidak berjalan dengan baik pada smartphone yang lebih lama.

Futuremark mengakui satu area di mana pembaruan IOS mungkin bertanggung jawab atas kemunduran yakni penambahan fitur baru. Versi baru IOS dapat menambahkan fitur baru yang memakan lebih banyak daya pemrosesan sehingga ponsel yang lebih lawas melambat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif