Harian Jogja edisi Senin (9/10/2017) Harian Jogja edisi Senin (9/10/2017)
Senin, 9 Oktober 2017 09:04 WIB M100/JIBI/Harian Jogja Peristiwa Share :

HARIAN JOGJA HARI INI
Bualan The Next Habibie Terbongkar

Harian Jogja edisi Senin (9/10/2017)

Bualan The Next Habibie Terbongkar
JOGJA-Bacharuddin Jusuf Habibie adalah ilmuwan cum politikus paling masyhur yang pernah dimiliki Indonesia. Dwi Hartanto, cendekiawan asal Jogja yang kuliah di Belanda, mencoba mengikuti jejak pelopor industri kedirgantaraan Nusantara, sayang dengan cara menyusun kebohongan demi kebohongan yang akhirnya terbongkar.

55,7% Puas kepada Jokowi-JK
JAKARTA-Berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh Lembaga Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menunjukkan sebanyak 55,7% responden puas dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Banjir Surut, Rehabilitasi Dimulai
PANGANDARAN-Banjir bandang yang terjadi disejumlah lokasi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (7/10), mulai surut. Minggu (8/10) kemarin, petugas gabungan dan masyarakat mulai membersihkan sisa lumpur bekas banjir termasuk material longsoran tanah.

Ruang Publik Jangan Dijejali Bahasa Asing
Oktober menjadi momentum yang tepat untuk meninjau kembali sejauh mana penggunaan Bahssa Indonesia benar-benar diterapkan dalam kehidupan bernegara dan  bermasyarakat. Pada bulan ini Indonesia merayakan apa yang dikenal sebagai Bulan Bahasa dan Sastra.

Asa Solusi untuk Pengidap Demensia
JAKARTA-Demensia Alzheimer atau lebih dikenal dengan Alzheimer merupakan salah satu bagian dari demensia yang paling banyak ditemui. Sekitar 60%-70% darikasus demensia atau pikun merupakan Alzheimer.

Pro Kontra Catalunya
MADRID-Warga Spanyol makin terbelah soal referendum kemerdekaan wilayah Catalunya.
Warga menolak pemisahan diri Catalunya dari Spanyol memadati jalan unjuk rasa mendukung persatuan Barcelona, Minggu (8/10).

Karya Sineas Solo Masuk Nomine FFI 2017
Film Sepanjang Jalan Satu Arah kembali diapresiasi dalam ajang bergengsi. Karya sineas muda asal Solo, Bani Nasution, itu masuk daftar nomine Festifal Film Indonesia (FFI) katgori Film Dokumenter Pendek Terbaik.

De Oranje Butuh Keajaiban
SOFIA-Skuat Belanda terlihat lesu meski berhasil mengalahkan Belarusia 3-1 di Borisov Arena, Minggu (8/10) WIB. Itu karena Arjen Robben dkk. Menyadari kemenangan itu tidak cukup membantu mereka meraih tiket ke Piala Dunia 2018.

Seperti Mimpi
SUZUKA-Lewis Hamilton kian dekat dengan gelar keempatnya di ajang Formula (F1) seusai memenangi GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (8/10).

Modal Ideal ke Korsel
BEKASI-Timnas  Indonesia U-19 mengantongi modal ideal sebelum turun di Kualifikasi Piala AFC (Asia) U-19 2018 di Korea Selatan (Korsel), 31 Oktober-8 Novemnber mendatang.

Desain NYIA Libatkan Seniman Jogja
KULONPROGO-Desain bangunan fisik New Yogyakarta International Airport (NYIA) diharapkan menjunjung tinggi nilai kearifan lokal.

Bersepeda Dikit-Dikit Diklakson
JETIS-Persoalan kemacetan, pembangunan dan lingkungan hidup disuarakan warga Jogja terkait dengan Hari Ulang Tahun Jogja, yang jatuh pada Sabtu (7/10).

Peserta Baru Hanya 25%
MOYUDAN-Capaian peserta baru program Keluarga Berencana (KB) di Sleman hanya 25,15%. Dari target 26.293 perkiraan permintaan masyarakat (PPKM) hanya tercapai 6.613 peserta.

Diare dan ISPA Paling Diwaspadai
BANTUL-Diare dan Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) menjadi dua penyakit yang paling diwaspadai selama masa pancaroba. Kasus kedua penyakit itu nyaris selalu meningkat saat peralihan musim dari kemarau ke penghujan atau sebaliknya.

Karoke Ilegal Nekat Beroperasi
TEMON-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kulonprogo kembali merazia tempat karaoke ilegal di wilayah Kecamatan Temon, Sabtu (7/10) malam. Petugas memasang spanduk tanda penutup pada pagar usaha hiburan itu.

Semua Dinas Harus Punya Inovasi
WONOSARI-Semua dinas atau organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Gunungkidul diharuskan memiliki inovasi pelayanan publik. Hal tu setelah dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) No.38/2017, tentang Inovasi Daerah.

Dari Rapor Ganda hingga PPK
JOGJA-Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memiliki sejumlah kebijakan baru yang mulai diterapkan tahun ini. Ditargetkan aneka rencana tersebut dapat direalisasikan pada 2019 atau sebelum masa jabatan Menteri Pendidikan dan Kbudayaan (Mendikbud) Prof Muhadjir Effendi habis.

Pengelola Mal Harius Kreatif
JAKARTA-Beberapa pusat perbelanjaan alias mal di Jakarta satu persatu mulai ditinggalkan masyarakat. Ada yang bilang karena daya beli masyarakat lesu, ada juga yang bilang karena peralihan pola belanja masyarakat ke metode online.

BPR Gencarkan Mitigasi Risiko
JOGJA-Perfoma penyaluran kredit di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang dinilai tidak sebaik lima tahun lalu membuat pelaku BPR berhati-hati.
Monitoring dan mitigasi risiko terus dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan kredit macet atau Non Performing Loan (NPL).

Lebih lengkap Anda bisa membaca Harian Jogja versi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.

Anda juga bisa mengakses Harian Jogja melalui komputer atau gawai di epaper.harianjogja.com

Selamat membaca. Harian Jogja, berbudaya, membangun kemandirian.

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…