Jogja
Senin, 9 Oktober 2017 - 14:40 WIB

Festival Upacara Adat di Sleman Ini Ternyata Sarat Makna

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kelompok Kesenian Topeng Ireng Merapi saat tampil dalam Festival Budaya dan Kuliner di Taman Kuliner Sleman, Jumat (27/5/2016). (Abdul Hamied Razak/JIBI/Harian Jogja)

Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Festival Upacara Adat.

Harianjogja.com, SLEMAN— Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman mengadakan Festival Upacara Adat atau Tradisi Budaya di area parkir utara Lapangan Denggung, Tridadi Sleman pada Sabtu (7/8/2017) hingga Minggu (8/10/2017). Seluruh 17 kecamatan di Sleman mengirimkan perwakilannya masing-masing dalam acara ini.

Advertisement

Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Aji Wulantara mengatakan, acara digelar dalam rangka menggugah kembali kekayaan warisan budaya Sleman. Menurutnya, upacara adat maupun tradisi budaya di dalamnya sarat akan muatan pesan moral.

“Festival ini bertujuan sebagai upaya pelestarian budaya sekaligus penguatan nilai-nilai kearifan lokal bagi masyarakat,” ujarnya dalam rilis yang diterima Sabtu (8/10/2017). Upacara adat atau tradisi budaya dinilai menjadi salah satu karya manusia yang harus terus diaktualisasi agar bermanfaat.

Sejumlah upacara adat ditampilkan dalam acara ini antara lain Tunggul Wulung, Tingkeban atau Mitoni, Suran Mbah Demang, Tedhak Siten, dan Merti Desa. Peserta terbaik akan ditentukan melalui aspek kreatifitas, simbol upacara adat tradisi budaya, dan harmonisasi.

Advertisement

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatu menyampaikan bahwa upacara adat atau tradisi budaya merupakan bagian keistimewaan yang harus dilestarikan sebagai sebuah warisan luhur yang menjadi identitas bagi suatu wilayah. “Kegiatan ini merupakan media untuk menampilkan dan melestarikan kearifan lokal di Kabupaten Sleman,” jelasnya.

Menurutnya kegiatan festival tersebut juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat tentang filosofi yang terkandung disetiap upacara adat/tradisi budaya. Selain itu juga merupakan salah satu upaya strategi untuk melestarikan warisan budaya tradisional dari nenek moyang. “Jangan sampai warisan budaya yang kita miliki ini punah. Apalagi berbagai macam kesenian tradisionalyang kita miliki mengandung nilai-nilai dan pesan moral yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Muslimatun.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif