Deklarasi Partai Perindo (Ismar Patrizki)
Senin, 9 Oktober 2017 17:40 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Daftar Paling Awal, Pendaftaran Perindo Ditolak KPU

KPU Sleman mengembalikan berkas pendaftaran Partai Perindo.

Harianhogja.com, SLEMAN— Berkas pendaftaran yang diserahkan Partai Perindo pada KPU Sleman dinyatakan belum lengkap dan dikembalikan. Partai baru ini masih kekurangan Kartu Tanda Anggota (KTA) sebanyak 149 dari jumlah minimal yang ditetapkan.

Perindo merupakan satu-satunya partai yang sudah menyerahkan berkas pendaftarannya hingga hari ketujuh pendaftaran partai politik peserta Pemulu pada Senin (9/10/2017). Komisioner KPU Sleman Divisi Hukum, Pengawasan, dan Hubungan Antar Lembaga Imanda Yulianto mengatakan Perindo sudah menyerahkan berkasnya namun dikembalikan karena belum lengkap.

“Jadi tetap dianggap belum menyerahkan,” ujarnya Senin (9/10/2017). Sesuai Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), Perindo memiliki anggota sebanyak 1.087 orang. Namun jumlah itu belum sesuai dengan jumlah dokumen KTP atau KTA yang diserahkan. Imanda menerangkan baru ada 938 dokumen tang terhitung di KPU sehingga berkas pendaftaran dikembalikan untuk diperbaiki lagi.

Pendaftaran parpol untuk ikut serta dalam Pemilu Legislatif pada 14 April 2019 akan dilakukan pada 3 hingga 16 Oktober mendatang. Sejumlah partai sebelumnya sudah melakukan konsultasi pada KPU Sleman baik parpol lama maupun baru.

Sementara itu, Ketua DPD Perindo Sleman Aswin Hidayan mengakui kekurangan tersebut sehingga partainya belum bisa terdaftar di KPU Sleman. Menurutnya, pencetakan KTA dilakukan di DPP sehingga masih ada beberapa lagi yang belum sampai ke jajaran kabupaten maupun kota. “Pasti langsung kita perbaiki dan serahkan ke KPU,” ujarnya.

Di Gunungkidul juga terjadi hal serupa. DPD Perindo Gunungkidul gagal menyerahkan salinan bukti keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2019. Adanya kegagalan ini, maka sejak dibuka pada Selasa (3/10/2017) hingga Senin (9/10/2017) belum ada satu pun parpol yang menyerahkan berkas keanggotaan ke KPU Gunungkidul.

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…