John Winston Lennon. (Billboard.com) John Winston Lennon. (Billboard.com)
Senin, 9 Oktober 2017 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 9 Oktober

Catatan peristiwa dunia hari ini, 9 Oktober, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Terjadi bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 9 Oktober. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum berbagai peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 9 Oktober, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1238
Raja Aragon, James I, berhasil menaklukkan wilayah Valencia. Ia juga mengklaim sebagai Raja Valencia hingga akhir hayatnya pada 27 Juli 1276.

1264
Pasukan Kerajaan Kastilia berhasil menguasai Kota Jerez di bagian selatan Spanyol. Sebelumnya, kota tersebut telah menjadi wilayah kekuasaan pasukan muslim sejak 711

1594
Pasukan Kerajaan Kandy di Sri Lanka berhasil mengalahkan pasukan Portugal di Danture, Kerajaan Kandy. Peristiwa itu sekaligus mengakhiri Kampanye Danture yang dilancarkan pasukan Portugal selama hampir tiga bulan.

Litografi berjudul Tableau de la Partie de Batavia yang terbit pada 1747 menunjukkan suasana pembantaian warga keturunan Tionghoa di Batavia, Hindia-Belanda atau kini Jakarta, Indonesia, 9 Oktober 1740. (Nationalgeographic.co.id)

Litografi berjudul Tableau de la Partie de Batavia yang terbit pada 1747 menunjukkan suasana pembantaian warga keturunan Tionghoa di Batavia, Hindia-Belanda atau kini Jakarta, Indonesia, 9 Oktober 1740. (Nationalgeographic.co.id)

1740
Kerusuhan antara orang keturunan Tionghoa dengan pasukan Hindia-Belanda yang dibantu pribumi meletus di kawasan dekat pelabuhan Batavia, Hindia-Belanda atau kini Jakarta, Indonesia. Kerusuhan itu dipicu turunnya harga gula yang diduga sebagai akibat dari permainan orang-orang keturunan Tionghoa. Kerusuhan yang kini dikenang dengan sebutan Geger Pacinan itu berlangsung selama 13 hari. Alhasil, lebih dari 10.000 orang keturunan Tionghoa tewas, sedangkan pasukan Hindia-Belanda harus kehilangan sekitar 500 tentaranya.

1806
Prusia mendeklarasikan perang terhadap Prancis lantaran takut Prancis akan kembali memiliki kekuatan di Eropa setelah mengalahkan Austria. Tindakan Prusia itu lantas memicu perang yang disebut dengan Perang Koalisi Keempat. Prusia bersama negara yang tergabung dalam Koalisi Keempat, yakni Rusia, Inggris, Saxony, Swedia, dan Sisilia kalah setelah berperang selama hampir setahun melawan Prancis dan sekutunya.

1914
Pengepungan Antwerp yang dilancarkan pasukan Jerman di Antwerp, Belgia berkahir. Setelah hampir dua pekan melakukan pengepungan, pasukan Jerman berhasil menguasai Antwerp.

1934
Raja Yugoslavia Alexander I tewas tertembak di Marseille, Prancis. Pelaku penembakan itu adalah Vlado Chernozemski dari Bulgaria, anggota kelompok nasionalis ekstrem Makedonia-Kroasia yang menginginkan kemerdekaan dari Yugoslavia.

Katedral St. Paul di tengah serangan Jerman, 1940. (Bt.com)-

Katedral St. Paul di tengah serangan Jerman, 1940. (Bt.com)-

1940
Pasukan Jerman membombardir Kota London, Inggris di malam hari melalui serangan udara. Serangan itu merupakan bagian dari Pertempuran Britania di masa Perang Dunia II. Serangan Jerman itu menjadi salah satu yang terbesar di London selama Pertempuran Britania. Gereja termegah di London, Katedral St. Paul, mengalami beberapa kerusakan karena serangan itu.

1940
John Winston Lennon lahir di Liverpool, Inggris. Ia lantas dikenal luas sebagai musisi, penulis lagu, dan penyanyi yang pernah menggawangi band legendaris, The Beatles. Lennon berkarya bersama The Beatles dari 1960 hingga 1970. Setelah The Beatles bubar, Lennon memulai kariernya sebagai penyanyi solo. Ia meninggal dunia pada 8 Desember 1980 setelah ditembak empat kali oleh Mark David Chapman, seorang penggemar The Beatles.

1950
Polisi di Goyang, Gyeonggi-do, Korea Selatan (Korsel) mulai membantai warga sipil yang dituding sebagai simpatisan Korea Utara (Korut). Pembantaian itu berlangsung selama 22 hari dan menewaskan lebih dari 150 warga sipil. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semrangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 6 Oktober

lowongan pekerjaan
PT. SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Disebut Bencong, Ivan Gunawan Ngamuk

Sensasi dari artis Ivan Gunawan yang mengamuk gara-gara disebut bencong. Solopos.com, SOLO – Desainer kondang Ivan Gunawan memang sering mendapat kritikan pedas dari netizen. Bagaimana tidak, pria berusia 35 tahun itu memang sering bertingkah kemayu. Sebagai desainer, dia tentu paham…