Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno (tengah), saat konferensi pers Malam Pengundian dan konser Gala Pesta Bank Jateng di Grand Pacific Hall, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (7/10/2017). (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com) Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno (tengah), saat konferensi pers Malam Pengundian dan konser Gala Pesta Bank Jateng di Grand Pacific Hall, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (7/10/2017). (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)
Senin, 9 Oktober 2017 15:15 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Ekonomi Share :

Bank Jateng Segera Buka Kantor Cabang Jogja

Bank Jateng siap membuka cabang di Jogja.

Solopos.com, SOLO – Bank Jateng yang berbasis di Jawa Tegah berencana membuka kantor cabang di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, mengatakan, hal itu dilakukan guna memenuhi kebutuhan nasabah dari Jawa Tengah yang memiliki bisnis di DIY.

“Pada dasarnya masing-masing daerah punya BPD [Bank Pembangunan Daerah], yang berfungsi sebagai motor penggerak perkonomian. Tapi, di zaman sekarang ini terlihat jelas bahwa industri perbankan tidak memiliki batas geografis,” tutur Supriyatno dalam konferensi pers Bank Jateng yang digelar di Grand Pacific Hall, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (7/10/2017).

Supriyatno mengatakan, saat ini banyak pengusaha berbasis di Jawa Tengah yang merupakan nasabah Bank Jateng, melebarkan usaha di DIY. “Beberapa nasabah kami ternyata membuka usaha di Jogja. Agar monitoring-nya lebih intens. Pelayanannya lebih cepat, murah, dan akurat, maka kami memutuskan membuka cabang di Jogja. Sederhananya, bank mengikuti usaha dan aktivitas nasabah,” sambung dia.

Bukan hanya itu saja, menurut survei yang dilakukan, ada sekitar 60 persen mahasiswa dari Jawa Tengah menempuh pendidikan di DIY. Hal ini membuat pihak Bank Jateng semakin yakin membuka kantor cabang di Yogyakarta. (baca: Bank Jateng Hadirkan MLTR untuk Nasabah)

“Menariknya, beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta itu ternyata mahasiswanya kebanyakan dari Jawa Tengah. Dari hasil survei, sekitar 60 persen mahasiswa di Jogja itu berasal dari Jawa Tengah. Nah, daripada mereka [mahasiswa] membawa uang dari daerah, lebih baik ditransfer ke Bank Jateng cabang Yogyakarta,” papar dia.

Supriyatno tidak menyebutkan dengan pasti kapan rencana itu direalisasikan. Namun, Direktur Bisnis Bank Jateng, Pujiono, mengatakan, pembukaan cabang di Yogyakarta itu dilakukan sebelum 2017 berakhir. “Pembukaan cabang di Yogyakarta tahun ini. Saat ini, kami masih menunggu izin OJK [otoritas Jasa Keuangan],” terangnya.

Jika rencana ini terealisasi, maka DIY menjadi provinsi kedua yang dirambah Bank Jateng. Sebelumnya, Bank Jateng telah memperluas jaringan bisnis dengan membuka kantor cabang di Jakarta. Sementara itu, Bank Jateng telah memiliki lima kantor cabang di Jawa Tengah, yakni di Solo, Tegal, Purwokerto, Pati, dan Magelang.

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…