Sport
Minggu, 8 Oktober 2017 - 21:25 WIB

KUALIFIKASI PIALA DUNIA : Peluang Lolos Otomatis Portugal Masih Realistis

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Timnas Portugal (JIBI/REUTERS/Vincent West)

Kualifikasi Piala Dunia diwarnai dengan Portugal yang berjuang mendapatkan tiket otomatis.

Solopos.com, ANDORRA LA VELLA — Portugal meneruskan tekanan kepada Swiss dalam perebutan selembar tiket otomatis ke Piala Dunia 2018.

Advertisement

Seleccao das Quinas, julukan Portugal, menjaga jarak tiga poin dari Swiss yang memuncaki klasemen dalam satu laga tersisa di Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa setelah menundukkan Andora 2-0 di Estadio Nacional, Andorra La Vella, Minggu (8/10/2017) dini hari WIB.

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, menjadi pahlawan kemenangan timnya setelah diturunkan dari bangku cadangan pada awal  babak kedua. Megabintang Real Madrid itu langsung memecah kebuntuan timnya dengan mencetak gol pada menit ke-63.

Ini menjadi gol ke-15 Ronaldo selama kualifikasi, menyamai koleksi striker Polandia, Robert Lewandowski, dalam puncak daftar top scorer. Sementara empat menit sebelum bubar, Andre Silva, menggandakan keunggulan Portugal dengan golnya setelah memanfaatkan umpan Danilo Pereira.

Advertisement

“Ronaldo tidak berlatih hingga 100 persen dalam dua hari sebelum laga. Jadi ada banyak faktor yang membuat saya ambil keputusan itu [tidak menurunkan Ronaldo sebagai starter],” jelas Pelatih Portugal, Fernando Santos, menjelaskan alasan Ronaldo ditaruh di bangku cadangan pada awal pertandingan, seperti dilansir Indianexpress.com.

“Itu bukan karena riskan dapat kartu kuning. Namun karena ini laga sulit. Saya berusaha mengatasi situasi dan melakukan yang terbaik. Apakah itu keputusan tepat? Yang jelas kami menang dan itu bukan masalah.”

Peluang Portugal meraih tiket otomatis ke Rusia dari Grup B sangat terbuka meski tinggal menyisakan satu laga. Sebab, Portugal akan meladeni pesaing langsung mereka, Swiss, pada partai penutup, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB. Portugal akan bermain di kandang saat bertemu Swiss pada partai penutup itu.

Advertisement

Portugal bakal menggeser Swiss dari puncak klasemen Grup B sekaligus memastikan diri terkualifikasi ke Rusia. Meski akan mengantongi poin sama, Portugal lebih baik dalam urusan selisih gol atas rival mereka itu.

Namun, jika Portugal gagal menuntaskan Grup B dengan bertengger di puncak, Ronaldo dkk. masih memiliki peluang besar ke Rusia dengan melalui play-off.  Sejauh ini, sederet tim Eropa sudah memastikan play-off. Salah satunya Italia.

Azzurri, julukan Italia, dipastikan ke play-off setelah Belgia membungkam Bosnia Herzegovina 4-3 pada pertandingan Grup H. Itu menjadikan Italia menjadi delapan runner-up terbaik dari sembilan grup Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa yang berhak mengikuti play-off.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif