Italia vs Macedonia (JIBI/REUTERS/Max Rossi)
Minggu, 8 Oktober 2017 14:58 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

KUALIFIKASI PIALA DUNIA
Italia Gagal Segel Play-Off Lebih Cepat

Kualifikasi Piala Dunia menyajikan Italia yang imbang lawan Macedonia.

Solopos.com, TURIN — Italia menjadi salah satu tim yang tampil kurang meyakinkan selama Kualifikasi Piala Dunia 2018. Setelah kalah dari Spanyol dalam persaingan tiket otomatis, tim berjuluk Azzurri juga gagal menyegel tiket play-off lebih cepat ke Rusia.

Itu terjadi setelah Italia ditahan imbang tim gurem Macedonia 1-1 pada laga Grup G di Stadio Olimpico Grande Torino, Turin, Sabtu (7/10/2017) dini hari WIB. Tim polesan Giampiero Ventura tersebut benar-benar tampil mengecewakan. Mereka sempat unggul 1-0 lewat gol Georgio Chiellini pada menit ke-40. Namun, Azzurri tidak bisa mempertahankan keunggulan tersebut setelah pemain Macedonia, Aleksandar Trajkovski, mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-70.

Italia memang kukuh di posisi runner-up Grup G dengan torehan 20 poin dalam sembilan laga. Namun, hanya delapan runner-up terbaik dari sembilan grup pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa yang berhak melaju ke play-off. Jadi, posisi runner-up di masing-masing grup tidak menjamin tim tersebut bakal mendapat kesempatan ke babak play-off Eropa yang bakal dimainkan November 2017 mendatang.

“Jika kami bermain seperti itu pada babak kedua maka kami akan kesulitan ke play-off. Ini tidak perlu seorang pelatih untuk menyadarinya,” ujar Ventura, seperti dikutip soccerway.com.

Ventura dan skuat Italia sontak menjadi sasaran kritik tajam media-media di Negeri Pizza. La Gazzetta dello Sport memberi rating 4 untuk Ventura. “Italia yang buruk. Gaya permainan, pergerakan, dan semuanya menyedihkan. Skuat Azzurri seperti Subbuteo [kepingan mainan sepak bola] yang dilempar. Tidak ada pemain yang melebar, tidak ada gelandang tengah. Tidak ada apa-apanya. Betapa menyedihkan,” tulis La Gazzetta.

Sementara itu, Tuttosport, menyebut hasil kontra Macedonia sebuah tragedi. Pergerakan Leonardo Bonucci dkk. dinilai lambat, tanpa ide, dan minim kualitas. Kritik tak kalah ketus dilontarkan Corriere dello Sport yang menyatakan skuat Azzurri dan Ventura seolah kehilangan kompas.

Kiper gaek Italia, Gianluigi Buffon, pun menganggap cemoohan fans Azzurri harus menjadi cambuk tim ini untuk tampil meyakinkan di laga berikutnya. Dalam laga penutup Grup G di markas Albania, Selasa (10/10/2017) dini hari WIB, Italia harus menang dengan skor meyakinkan jika ingin melenggang ke play-off demi mengamankan asa ke Piala Dunia 2018.

“Pemain seperti saya yang sudah bermain selama 20 tahun harus menemukan cara menyeret pemain lain agar Italia mendapat peluang terbaik ke Piala Dunia,” ujar Buffon, seperti dilansir ESPN FC.

lowongan pekerjaan
PT. SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Pamer Prestasi, Wali Kota Semarang Panen Sindiran

Prestasi yang diraih Kota Semarang lantas dipamerkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, namun hal itu justru memicu sindiran dari warganet. Solopos.com, SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memamerkan prestasi tatkala Kota Semarang menjadi salah kota yang dipilih menjadi tujuan…