Keraton Solo Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat salah satu simbol kebudayaan Solo(ilustrasi/dok/JIBI/Solopos)
Sabtu, 7 Oktober 2017 21:00 WIB Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos Solo Share :

Tim Asistensi Pembentukan Badan Pengelola Keraton Solo Dikukuhkan Besok

Tim Asistensi Pembahasan Pembentukan Badan Pengelola Keraton Solo akan dikukuhkan.

Solopos.com, SOLO — Salah satu putra Paku Buwono (PB) XII, K.G.P.H.Benowo, mengagendakan pengukuhan Tim Asistensi Pembahasan Pembentukan Badan Pengelola Kawasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Minggu (8/10/2017).

“Ini saya baru mau minta dawuh sama Sinuhun [PB XIII] untuk kepastiannya besok [pengukuhan tim asistensi]. Tapi sebenarnya tanpa ada prosesi pengukuhan juga ndak apa-apa,” kata Benowo, saat berbincang dengan solopos.com, Sabtu (7/10/2017).

Hal senada disampaikan putra PB XII lainnya, K.G.P.H.Dipokusumo, yang juga masuk dalam tim asistensi itu sebagai wakil ketua. “Memang sudah diagendakan tapi ini kami masih menunggu dawuh resmi dari Sinuhun,” ujar Dipo.

Seperti diketahui, Tim Asistensi Pembahasan Pembentukan Badan Pengelola Kawasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang dipimpin Benowo menegaskan tidak akan ada badan berbentuk UPT yang akan masuk mengelola keraton. (baca: PB XIII Belum Setuju Pembentukan UPT Keraton Solo, Ini Alasannya)

“Iya memang yang kemarin-kemarin diributkan itu kan masalah UPT. Kalau UPT kami rasa tidak enak, tidak menguntungkan keraton, ya buat apa,” kata Benowo.

Benowo akan mencari formula baru bentuk kerja sama antara keraton dengan pemerintah terkait pengelolaan keraton, yang dianggapnya tidak merugikan keraton. Sejauh ini dia belum memiliki gambaran riil bentuk kerja sama yang bisa dilakukan. Namun Benowo menjanjikan formula baru bentuk kerja sama pengelolaan keraton terwujud tahun 2018.

Selain orang-orang yang masuk dalam tim, baik Benowo maupun Dipo belum bisa memastikan pihak mana saja yang bakal diundang menyaksikan prosesi pengukuhan tersebut. Apakah seluruh Adik PB XIII akan diundang, Benowo juga tidak bisa memastikan.

lowongan pekerjaan
Carmesha Music School, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

BERITA TERPOPULER
Crane Ambruk Hingga Cerita Foto Jokowi Lap Sepatu Pakai Tisu

Berita terpopuler Solopos.com hari ini adalah berita tentang Crane pembangunan hotel roboh menimpa rumah Ketua RT. Solopos.com, SOLO – Kecelakaan kerja terjadi dalam proses pembangunan Hotel Swiss Bell di Kampung Cinderejo Lor, RT002/RW006, Gilingan, Banjarsari, Solo. Crane milik PT Surya…