Bupati Karanganyar, Juliyatmono, berfoto bersama seluruh pejabat di bawah baliho logo HUT ke-100 Kabupaten Karanganyar di halaman Kantor Setda Karanganyar, Selasa (2/5/2017). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos) Bupati Karanganyar, Juliyatmono, berfoto bersama seluruh pejabat di bawah baliho logo HUT ke-100 Kabupaten Karanganyar di halaman Kantor Setda Karanganyar, Selasa (2/5/2017). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)
Sabtu, 7 Oktober 2017 08:35 WIB Ponco Suseno/JIBI/Solopos Karanganyar Share :

Perayaan Seabad Karanganyar Telan Anggaran Rp1,5 Miliar

Rangkaian acara hari jadi satu abad Karanganyar menelan anggaran Rp1,5 miliar.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menyiapkan dana kurang lebih Rp1,5 miliar guna mendukung agenda Hari Jadi Ke-100 Kabupaten Karanganyar pada 2017 ini.

Di luar dukungan anggaran yang bersumber dari APBD Karanganyar itu, Pemkab Karanganyar juga menerima bantuan dari pihak ketiga alias kalangan swasta di Bumi Intanpari. Hal itu dijelaskan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat diwawacarai Solopos.com, Jumat (6/10/2017).

Rangkaian peringatan hari jadi pada 2017 ini dinilai sangat spesial bagi Pemkab dan warga Karanganyar lantaran sudah memasuki usia satu abad. Berbagai kegiatan akan digelar guna menyemarakkan hari jadi tersebut, seperti menapak tilas perjuangan para pejuang asal Karanganyar hingga mendatangkan grup band papan atas di Tanah Air, Slank.

“Anggarannya tidak banyak. Tidak sampai Rp2 miliar. Kurang lebih di angka Rp1,5 miliar. Dengan berbagai agenda yang sudah disiapkan, semoga warga Karanganyar turut memeriahkan sekaligus turut aktif memiliki Karanganyar ini,” katanya.

Juliyatmono mengatakan salah satu agenda yang akan menyemarakkan hari hadi satu abad Karanganyar, yakni konser band Slank. Lirik lagu yang dimiliki band papan atas di Indonsia tersebut dinilai mengusung semangat antikorupsi.

“Semangat antikorupsi itu yang akan diutamakan saat mengundang Slank pada Desember nanti. Di samping itu, dalam rangkaian hari jadi ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meneladani jasa para pahlawan. Hal itu termasuk meneladani semangat Raden Mas Said dengan tri dharmanya,” katanya.

Hal senada dijelaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi. Di antara agenda yang disiapkan menyemarakkan hari jadi satu abad Karanganyar, yakni lomba gapura yang akan melibatkan seluruh desa di Bumi Intanpari.

Acara lainnya, yakni festival puisi, geguritan, lomba bercerita, pameran buku, jelajah pesona alam, festival olahraga kreasi, menapak tilas perjuangan Raden Mas Said, menapak tilas perjuangan Joko Songo, bakti sosial, khitanan massal, dan pentas musik.

“Kami berharap masyarakat di Karanganyar dapat mendukung penuh seluruh acara yang sudah disiapkan itu,” katanya.

 

lowongan pekerjaan
HRD PT. Bengawan Inti Kharisma (Management SOLO GRAND MALL Lt. 4A), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mencari Alamat Bahasa Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (06/01/2018). Esai ini karya Na’imatur Rofiqoh, ”pemukul” huruf dan juru gambar yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah naimaturr@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Bahasa Indonesia tidak lagi beralamat di Indonesia. Indonesia malah jadi tempat…