Jogja
Sabtu, 7 Oktober 2017 - 00:20 WIB

Penataan Perahu Nelayan Pantai Baron, Pokdarwis Tidak Mau Ikut Campur

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasir di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari yang terkikis gelombang tinggi. Senin (5/6/2017) (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

Karena nelayan juga memiliki hak yang sama di Pantai Baron

Harianjogja.com, Gunungkidul-Terkait penataan perahu nelayan Pantai Baron, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Baron akan menyerahkan kepada nelayan dan pemerintah.

Advertisement

Ketua Pokdarwis Pantai Baron Edi Supomo mengungkapkan, terkait penataan perahu nelayan harus dilakukan komunikasi yang intensif antara nelayan dengan pemerintah. Tujuannya, agar terjadi kesepemahaman. “Kami tidak akan turut mencampuri karena nelayan juga memiliki hak yang sama di Pantai Baron,” ungkap dia, Kamis (5/10/2017).

Baca juga : Penataan Pantai Baron, Belum Ada Komunikasi Formal

Sementara itu, Koordinator Satlimas Rescue Istimewa Wilayah II Marjono mengaku belum ada komunikasi intensif mengenai penataan pantai. Kendati demikian, ia berpendapat penataan memang perlu dilakukan, terlebih dari segi kebencanaan dan keselamatan pengunjung.

Advertisement

Sebagai pihak yang selama ini bertanggung jawab terhadap keselamatan pengunjung di Pantai Baron, menurutnya fasilitas keselamatan dan keamanan perlu ditingkatkan. Salah satu yang dinilinya mendesak adalah pembuatan tanggul untuk mengantisipasi abarasi yang setiap tahun selalu terjadi.

“Kalau menurut saya yang paling mendesak ya pembuatan tanggul agar dampak abrasi tidak semakin meluas, karena setiap tahun abrasi selalu terjadi,” kata Marjono.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul Drajat Ruswandono mengatakan, penataan pantai akan dimulai dari Pantai Baron. “Nanti parkir perahu nelayan akan ditempatkan di balik bukit, terus tanggul timur dan tanggul barat akan kita buat tingginya 1,5 meter sampai 2 meter, kiri-kanan dari selatan ke utara,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif