Ilustrasi proyek pemerintah (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis) Ilustrasi proyek pemerintah (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)
Sabtu, 7 Oktober 2017 09:40 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Pemkab Sleman Habiskan Anggaran Sebanyak Ini Hanya untuk Jalan

Pemkab Sleman telah menggelontorkan anggaran miliaran rupiah untuk perbaikan jalan.

Solopos.com, SLEMAN— Sebanyak 20,96 kilometer ruas jalan di Sleman berada dalam kondisi rusak berat. Pemerintah telah menganggarkan dana miliaran rupiah untuk perbaikan jalan di Sleman.

Berdasarkan data Pemda Sleman, ruas jalan di Sleman sendiri separuhnya atau sekitar 52,36% sepanjang 366,26 kilometer masuk dalam kategori  baik.

Sementara untuk kategori sedang yaitu sebayak 35,09% atau 245,44 kilometer. Selain itu, ada pula yang berada dalam kondisi rusak ringan sepanjang 66,82 kilometer atau 9,55%.
Pemerintah daerah telah menggelontorkan dana miliaran rupiah pada tahun ini untuk menangani pembangunan dan perbaikan jalan tersebut. Tidak hanya itu, pemerintah juga membangun gorong-gorong dan jembatan untuk mendukung infrastruktur lalu lintas di wilayah ini.

Adapun rinciannya antara lain, dana sebanyak Rp54,79 miliar dialokasikan untuk peningkatan jalan sepanjang 15,7 kilometer di sembilan ruas jalan. Sedangkan untuk peningkatakan tujuh jembatan dan 11 gorong-gorong diberikan dana sebanyak Rp17,43 miliar.

Di luar anggaran di atas, masih ada pula biaya pemeliharaan 15 ruas jalan sepanjang 22,55 kilometer dengan dana Rp71,98 miliar serta anggaran sebanyak Rp6,055 miliar untuk pemeliharaan rutin jalan sepanjang 400 kilometer.

Salah satu pembangunan yang saat ini tengah berjalan adalah perbaikan gorong-gorong  di wilayah Tajem, Maguwoharjo, Depok yang sudah dilakukan sepekan lalu. Lokasi tersebut diketahui kerap banjir setiap kali musim penghujan.

Nurdin, salah satu warga setempat menjelaskan jika perbaikan tersebut cukup mengganggu lalu lintas. Namun, ia menilai perbaikan itu memang diperlukan agar air tak lagi meluap di jalan dan menghasilkan banjir. “Memang sering banjir, mudah-mudahan membaik, tidak apa-apa sekarang jalan agak tersendat sedikit,” ujarnya Jumat (6/10/2017).

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

BERITA TERPOPULER
Crane Ambruk Hingga Cerita Foto Jokowi Lap Sepatu Pakai Tisu

Berita terpopuler Solopos.com hari ini adalah berita tentang Crane pembangunan hotel roboh menimpa rumah Ketua RT. Solopos.com, SOLO – Kecelakaan kerja terjadi dalam proses pembangunan Hotel Swiss Bell di Kampung Cinderejo Lor, RT002/RW006, Gilingan, Banjarsari, Solo. Crane milik PT Surya…