Ilustresi Komisi Pemilihan Umum (KPU). (JIBI/Harianjogja.com/Dok.) Ilustresi Komisi Pemilihan Umum (KPU). (JIBI/Harianjogja.com/Dok.)
Sabtu, 7 Oktober 2017 02:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

KPU Batang Dirikan Oemah Pintar untuk Edukasi Pemilu

KPU Batang mendirikan Oemah Pintar untuk melakukan edukasi hal ikhwal pemilu.

Solopos.com, BATANG — Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang kini memiliki Oemah Pintar Pusat Edukasi Pemilu dan aplikasi android Ciluba sebagai tempat informasi hal ikhwal pemilihan umum (pemilu) dan pendidikan pemilih.

Bupati Batang Wihaji di Batang, Jawa Tengah, Jumat (6/10/2017), mengatakan bahwa Oemah Pintar Pusat Edukasi Pemilu itu merupakan salah satu tempat media center bagi masyarakat yang ingin mengetahui tentang pemilu. “Pusat informasi dan pendidikan pemilih merupakan salah satu program percepatan pembangunan pada bidang informasi sehingga KPU dapat bersinegri dengan pemerintah daerah,” katanya.

Menurut dia, Oemah Pintar dan aplikasi Ciluba itu akan memberikan informasi data yang penting bagi generasi muda terutama pelajar karena mereka bisa belajar tentang masalah pemilu. “Kami akan imbau sekolah, khususnya pada mata pelajaran PPKN, belajar ke KPU. Di KPU, pelajar bisa belajar dan melihat proses demokrasi di Indonesia dan demokrasi di Kabupaten Batang karena hal ini sangat penting untuk mengetahui sejarah demokrasi di Indeonesia,” katanya.

Ketua KPU Kabupaten Batang Adi Pranoto mengatakan KPU pusat telah membuat kebijakan agar seluruh provinsi dan kabupaten maupun kota membuat Oemah Pintar Pemilu sebagai sarana edukasi dan pelayanan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi dari demokrasi dan kepartaian. Oemah Pintar, terang dia, sudah dibuat setengah tahun yang lalu karena belum diresmikan dan masih ada Pilkada Kabupaten Batang sehingga pusat edukasi pemilu itu baru dapat diresmikan Rabu (4/10/2017).

Ia mengataakan juga bahwa Oemah Pintar itu berfungsi melayani masyarakat agar meraka memperoleh informasi baik itu dari sejarah pemilu, partai-partai yang pernah mengikuti pemilihan umum. “Dalam rangka membangun sistem informasi kami juga membuat aplikasi android yaitu Aplikasi Ciluba KPU. Aplikasi ini sudah dapat di unduh melalui ‘play store’ pada android yang berisi informasi KPU sehingga masyarakat tidak perlu ke KPU untuk memperoleh informasi lagi melainkan cukup melalui Android,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

BERITA TERPOPULER
Crane Ambruk Hingga Cerita Foto Jokowi Lap Sepatu Pakai Tisu

Berita terpopuler Solopos.com hari ini adalah berita tentang Crane pembangunan hotel roboh menimpa rumah Ketua RT. Solopos.com, SOLO – Kecelakaan kerja terjadi dalam proses pembangunan Hotel Swiss Bell di Kampung Cinderejo Lor, RT002/RW006, Gilingan, Banjarsari, Solo. Crane milik PT Surya…