sampah liar Tumpukan sampah liar tampak di dusun Tangkilan, Sidokarto, Godean, Kamis (5/10/2017). Sampai saat ini banyak titik lokasi sampah liar lainnya yang muncul. (Harian Jogja/Abdul Hamid Razak)
Sabtu, 7 Oktober 2017 02:20 WIB Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Duh, Oknum Nakal Suka Buang Sampah Sembarangan

Sayang, tidak semua dusun di kecamatan itu memiliki kelompok pengelola sampah mandiri

Solopos.com, SLEMAN-Frekuensi pembangunan di suatu wilayah bisa menjadi penyebab banyaknya oknum nakal yang suka membuang sampah sembarangan.

Kepala DLH Sleman Purwanto menjelaskan, mekanisme pembuangan sampah sudah diatur dalam Perda No.4/2015 tentang pengelolaan sampah. Sayangnya, masih banyak warga yang belum sadar lingkungan sehingga membuang sampah sembarangan.

“Kondisi tersebut menyebabkan banyak ditemukan lokasi pembuangan sampah liar. Salah satunya di wilayah Kecamatan Depok,” ujar dia, Kamis (5/10/2017).

Baca juga : Keterlaluan, Sampah Liar Terus Bermunculan Di Sleman

Diakuinya, volume sampah di wilayab Depok cukup tinggi karena menjadi wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk. Di samping itu, frekuensi aktivitas pembangunan di wilayah tersebut terus meningkat. Kondisi tersebut membuat oknum-oknum nakal membuang sampah di tempat yang tidak seharusnya.

Sayang, tidak semua dusun di kecamatan itu memiliki kelompok pengelola sampah mandiri. Dari 58 padukuhan, hanya 16 padukuhan saja yang memiliki kelompok tersebut. Adapun total kelompok pengelola sampah mandiri di Sleman hanya 200 kelompok. “Kami juga punya16 transfer depo, 28 truk sampah, 14 tempat Pembuangan Sampah Terpadu 3R dan 20 TPS,” kata dia.

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

BERITA TERPOPULER
Crane Ambruk Hingga Cerita Foto Jokowi Lap Sepatu Pakai Tisu

Berita terpopuler Solopos.com hari ini adalah berita tentang Crane pembangunan hotel roboh menimpa rumah Ketua RT. Solopos.com, SOLO – Kecelakaan kerja terjadi dalam proses pembangunan Hotel Swiss Bell di Kampung Cinderejo Lor, RT002/RW006, Gilingan, Banjarsari, Solo. Crane milik PT Surya…