Ilustrasi penderita flu (youngandraw)
Jumat, 6 Oktober 2017 16:15 WIB JIBI/Solopos/Antara Kesehatan Share :

TIPS KESEHATAN
5 Kebiasaan Ini Jauhkan Anda dari Pilek

Tips kesehatan ini tentang panduan menghindari pilek.

Solopos.com, JAKARTA — Kondisi cuaca tak menentu serta kondisi tubuh kurang fit bisa memicu kedatangan aneka gangguan kesehatan, salah satunya pilek. Meski sebagian orang beranggapan pilek bukan penyakit serius, namun nyatanya aktivitas Anda bakal terganggu saat terserang pilek.

Pilek ditandai dengan bersin-bersin serta keluarnya cairan yang keluar secara terus menerus dari hidung atau ingus. Saat menderita pilek, seringkali Anda merasa tidak nyaman duduk lama di ruangan dingin, minum air dingin, atau menyantap makanan tertentu.

Ironisnya bila kondisi tubuh kurang fit, pilek biasa dapat berlanjut menjadi sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, sulit bernapas hingga demam berkepanjangan.

Tapi Anda tak perlu khawatir,  ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa menjauhkan Anda dari risiko terkena pilek, seperti dilansir Boldsky, baru-baru ini:

1. Mencuci tangan

Jarang mencuci tangan membuat bakteri yang menempel di tangan berpindah ke dalam tubuh lewat mulut dan hidung. Akibatnya? Pilek. Oleh sebab itu, sempatkanlah mencuci tangan dengan sabun agar tangan Anda bersih.

2. Cukup olahraga

Jarang olahraga membuat sistem imunitas tubuh melemah, Anda jadi lebih rentan sakit.

3. Pilih naik tangga ketimbang naik lift

Sering naik lift juga membuat Anda berisiko terkena pilek karena ada kemungkinan Anda berada di ruang kecil tertutup bersama orang yang sedang sakit. Sebaliknya naik tangga akan membuat tubuh lebih sehat.

4. Hindari alkohol

Jika Anda setiap hari minum alkohol, meski hanya beberapa gelas, ada kemungkinan imunitas jadi menurun sehingga risiko pilek meningkat.

5. Jangan biarkan kaki kedinginan

Jangan lupa memakai kaus kaki agar kaki tetap hangat, terutama pada musim hujan, sebab bila kaki dingin otomatis suhu tubuh juga menurun, membuat Anda lebih mudah menderita pilek.

 

lowongan pekerjaan
PT. SO GOOD FOOD, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

PILGUB JATENG
Rustriningsih Akui Peluangnya Maju Pilkada Tetap Ada

Pilgub yang lebih populer dengan nama Pilkada Jateng 2018 diakui mantan wakil gubernur Rustriningsih masih mungkin ia ikuti. Solopos.com, SEMARANG — Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih tak mau banyak berkomentar tentang kans dirinya maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil…