Teknologi
Jumat, 6 Oktober 2017 - 13:30 WIB

Tantang Chrome dan Firefox, Microsoft Bikin Mobile Browser “Edge”

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Microsoft Edge. (Istimewa/Google.com)

Microsoft merancang browser multi-platform untuk IOS dan Android.

Solopos.com, NEW YORK – Sekian lama menjadi raksasa teknologi, baru kali ini Microsoft merambah bisnis pengembangan aplikasi perambaan Internet (browser). Kabarnya, Microsoft tengah menyiapkan aplikasi browser bernama Edge yang dirancang untuk perangkat mobile.

Advertisement

Microsoft Edge akan mendukung multi-platform pada akhir 2017. Browser ini nantinya akan berjalan di sistem operasi (OS) IOS dan Android.

Dilansir Phone Arena, Kamis (5/10/2017), Microsoft juga kabarnya bakal membawa layanan Bing termasuk terjemahan dan mesin telusur.

Langkah Microsoft untuk memperluas dukungannya tak lepas untuk menigkatkan jumlah pengguna. Pada Juli 2017, Statista merilis laporan soal penggunaan peramban internet secara global.

Advertisement

Data yang diambil pada Juni 2017 tersebut, mengungkap pemimpin pasar browser mobile yang masih dipegang oleh Google Chrome dengan pangsa pasar 47,3%. Safari (21,2%) dan UC Browser (14,6%), berada di posisi kedua dan tiga.

Secara utuh, perolehan mobile dan PC, Google Chrome masih menjadi pemimpin pasar lebih dari 50%. Sementara broser Safari dan UC Browser tak beranjak dari posisinya di urutan kedua dan letiga, disusul Firefox di tempat keempat.

Microsoft Edge saat itu dilaporkan hanya memiliki 1,75% pangsa pasar secara global. Jelas, perjuangan Microsoft di ranah browser akan tergolong sulit saat berhadapan dengan Google Chrome dan Firefox.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif