Logo Facebook (seventeen.com)
Jumat, 6 Oktober 2017 17:45 WIB JIBI/Solopos/Antara Internet Share :

Tangkal Hoaks, Facebook Luncurkan Fitur Sumber Informasi

Facebook merilis fitur baru untuk menangkal hoaks.

Solopos.com, SOLO – Facebook terus memutar otak menangkal berita hoaks. Media sosial besutan Mark Zuckerberg ini meluncurkan tombol baru yang menjelaskan tentang sumber artikel.

Facebook menambah ikon “i”, jika diklik, akan muncul informasi mengenai penerbit artikel, cerita terkait artikel serta bahwa artikel tersebut dibagikan oleh pengguna lainnya.

Diberitakan Antara dari The Verge, Jumat (6/10/2017), Facebook sebenarnya telah membuat kotak pop-up berisi tautan terkait saat mengklik sebuah artikel. Fitur baru ini menambah informasi mengenai penerbit artikel beserta peta artikel tersebut disebarkan di mana saja.

Facebook mungkin melihat fitur tersebut dapat mencegah orang mengonsumsi artikel dari sumber yang tidak terpercaya. Sebagai perbandingan, jika setelah mengklik tombol “i” muncul tulisan “tidak ada informasi mengenai situs ini”.

Tetapi, menurut laman The Verge, Facebook mengumpulkan informasi dari halaman situs sendiri dan Wikipedia sehingga tidak ada informasi jika situs tersebut baru dibuat. Tombol tersebut baru diuji coba dan tidak muncul untuk semua pengguna

Lowongan Pekerjaan
QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…