Ilustrasi PDIP (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis) Ilustrasi PDIP (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)
Jumat, 6 Oktober 2017 07:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

PILKADA 2018
PDIP Kudus Utamakan Rekomendasi Calon Bupati dari Struktur Partai

Pilkada 2018 bakal diikuti PDIP Kudus dengan mengutamakan calon bupati dari internal partai.

Solopos.com, KUDUS — Surat rekomendasi untuk kandidat bupati Kudus yang akan bertarung pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2018 diutamakan dari struktur partai. Sikap itu dikemukakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kudus, Musthofa.

“Kebijakan untuk mengutamakan bakal calon dari struktur partai merupakan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP,” ungkap Musthofa Wardoyo seusai bersilaturahmi dengan Komandan Kodim (Dandim) 0722/Kudus Letkol Czi. Gunawan Yudha Kusuma di Markas Kodim Kudus, Jateng, Kamis (5/10/2017).

Ia mengatakan proses sudah berjalan, karena berkas sudah dikirim, namun rekomendasi tetap dari DPP melalui DPD PDIP. Untuk itu, dirinya belum bisa memastikan kapan surat rekomendasi tersebut bakal diterima, karena hal itu merupakan kewenangan dari DPP PDIP.

Adapun nama yang diusulkan ke DPP PDIP sesuai hasil penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Kudus sebelumnya, kata dia, terdapat dua nama. Keduanya, yakni Masan yang merupakan kader PDI Perjuangan dan saat menjabat Ketua DPRD Kudus serta mantan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kudus Sumiyatun.

Sementara itu, bakal calon Bupati Kudus Masan menyatakan dirinya siap melaksanakan perintah partai. “Apapun perintahnya, saya siap melaksanakan, termasuk ketika harus mengemban amanat maju di Pilkada Kudus 2018,” ujar Masan yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kudus.

Terkait komunikasi dengan partai politik lain, katanya, menjadi kewenangan pengurus partai. Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, DPC PDIP Kudus juga mengajak PKB berkoalisi dalam Pilkada Kudus 2018. Ajakan koalisi tersebut, diperkuat dengan penyerahan surat resmi ke pengurus DPC PKB Kudus.

PDIP Kudus juga mengajak koalisi partai politik lainnya untuk menghadapi pilkada atau tepatnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kudus 2018, seperti Partai Hanura, Partai Golkar, PKS, PAN, dan Partai Demokrat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
Perusahaan Outsourcing PLN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…