Gelandang Argentina Fernando Gago merebahkan diri setelah timnya gagal menang atas Peru di Stadion La Bombonera, Buenos Aires, Kamis (5/9/2017) waktu setempat, dan terlempar dari zona lolos Piala Dunia 2018. (JIBI/Solopos/Reuters/Agustin Marcarian)
Jumat, 6 Oktober 2017 22:30 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

Piala Dunia 2018 Terancam Tanpa Argentina

Piala Dunia 2018 terancam tanpa Argentina yang kini melorot ke peringkat 6 klasemen sementara zona Conmebol.

Solopos.com, BUENOS AIRES — Ancaman tidak lolos ke Piala Dunia 2018 untuk Argentina kian nyata. Itu terjadi setelah Lionel Mess cs. ditahan imbang Peru tanpa gol di Estadio La Bombonera, Buenos Aires, Jumat (6/10/2017) pagi WIB.

Hasil itu membuat Argentina melorot ke peringkat keenam klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol dalam satu pertandingan tersisa. Padahal, hanya empat tim teratas yang berhak lolos langsung ke putaran final di Rusia tahun depan. Bahkan, Argentina masih harus berjuang untuk finis di peringkat kelima alias zona play-off.

Kondisi kritis Argentina itu juga dikarenakan salah satu pesaing mereka, Chile, menang atas Ekuador 2-1, Jumat pagi WIB. Tim berjuluk La Albiceleste ini mengumpulkan 25 poin. Mereka harus puas berada di bawah Brasil (38 poin), Uruguay (28 poin), Chile (26 poin), Kolombia (26 poin), dan Peru (25 poin). Peru berhak berada bertengger satu tangga di atas Argentina karena memiliki selisih gol lebih bagus ketimbang Paulo Dybala cs.

Nasib Argentina untuk lolos ke Piala Dunia 2018 pun semakin menjadi tanda tanya besar. Untungnya, dua pesaing terdekat mereka, Peru dan Kolombia, bakal saling bunuh di partai terakhir. Tim juara dunia dua kali tersebut masih berpeluang lolos otomatis jika menang atas Ekuador sementara Peru dan Kolombia berbagi skor imbang pada partai penutup kualifikasi, Rabu (11/10/2017) WIB.

Di sisi lain, mau tak mau Argentina harus melewati babak play-off jika Peru dan Kolombia saling mengalahkan sementara Uruguay dan Chile menang atas lawan masing-masing.

“Saya masih percaya diri kami akan tampil di Piala dunia. Hari ini pertandingannya sangat bagus. Hanya, kami melewatkan gol. Saya sangat berharap dan tertantang dengan pertandingan berikutnya. Tim ini tak pernah menyerah, selalu berusaha keras dan mereka layak mendapat hasil,” jelas Pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, seperti dilansir skysports.com.

Sampaoli belum pernah mempersembahkan kemenangan untuk La Albiceleste, julukan Argentina, sejak dibajak dari Sevilla pada musim panas lalu. Eks entrenador Chile itu selalu meraih hasil imbang dalam tiga laga bersama Angel Di Maria cs. Sampaoli yang merupakan pelatih ketiga Argentina selama kualifikasi ternyata belum bisa memberi angin segar bagi La Albiceleste ke Piala Dunia 2018.

lowongan pekerjaan
HRD PT. Bengawan Inti Kharisma (Management SOLO GRAND MALL Lt. 4A), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…