Jogja
Jumat, 6 Oktober 2017 - 14:20 WIB

October Meeting Tak Sekedar Agenda Musik

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - October Meeting sebuah pertemuan yang mengacu pada aktifitas musik kontemporer, digelar di Rumah Budaya Tembi, Timbuharjo, Pendowoharjo, Sewon, Kamis (5/10/2017). (Herlambang Jati Kusumo/JIBI/Harian Jogja)

October Meeting sebuah pertemuan yang mengacu pada aktifitas musik kontemporer

Harianjogja.com, BANTUL-October Meeting sebuah pertemuan yang mengacu pada aktifitas musik kontemporer, digelar di Rumah Budaya Tembi, Timbuharjo, Pendowoharjo, Sewon, Kamis (5/10/2017).

Advertisement

Secara subtantif October Meeting dirancang untuk mempertemukan musisi, komponis, dan publik yang selalu menjadi poros utama berkembangnya kebudayaan musik.

Diungkapkan oleh Direktur Artistik, Gatot Danarsulistiyanto, acara ini menjadi sangat penting dalam kegiatan bermusik.

“Dalam bermusik tidak hanya berhenti dalam tingkat memainkan, tetapi juga memahaminya, karena aktifitas musik itu sangat ilmiah, namun tidak ada ukurannya. Kegiatan ini berupaya menemukan ukuran-ukuran tersebut,” ungkap Gatot.

Advertisement

Agenda yang diinisiasi oleh Art Music Today dan Trace21 akan berlangsung 5-6 Oktober. Terdapat dua program dalam kegiatan ini, yang pertama Meet the Composer diantaranya diskusi, kuliah umum, sesi dengar ataupun majelis ilmu. Program tersebut berisi bahasan seputar segala aktifitas artistik dari komponis. Selain itu meet the instrument merupakan agenda konser, yang menjadi perwujudan presentasi pertemuan antara perancang bangun instrumen, musisi, dan komponis.

Salah satu peserta October Meeting, Septian Dwi Cahyo mengungkapkan acara tersebut sangat menarik. “Beberapa kali pernah ikut festival seperti ini baik diluar maupun Indonesia, selain karya-karya kita didengar, rata-rata festival itu mengadakan diskusi. Diskusi-diskusi seperti ini sangat penting,” katanya.

Dirinya juga mengungkapkan dengan diskusi seperti ini jadi tahu perkembangan musik di era sekarang, dibanding dahulu terlebih dengan adanya kemajuan teknologi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif