Warga membakar sampah menggunakan Gentong Geni dalam uji coba yang digelar di Dukuh Mireng Kidul, Desa Mireng, Kecamatan Trucuk, Klaten, Kamis (5/10/2017). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos) Warga membakar sampah menggunakan Gentong Geni dalam uji coba yang digelar di Dukuh Mireng Kidul, Desa Mireng, Kecamatan Trucuk, Klaten, Kamis (5/10/2017). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)
Jumat, 6 Oktober 2017 13:15 WIB Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos Klaten Share :

Inilah Gentong Geni, Solusi Alternatif Pengelolaan Sampah di Klaten

Pengelolaan sampah Katen, alat pembakar sampah gentong geni diuji coba.

Solopos.com, KLATEN — Alat pembakar sampah bersuhu tinggi yang dinamai Gentong Geni diuji coba di Dukung Mireng Kidul, Desa Mireng, Kecamatan Trucuk, Klaten, Kamis (5/10/2017). Alat itu selain mampu mereduksi volume sampah juga bisa menjadi cara menumbuhkan kesadaran masyarakat memilah sampah.

Inisiator pembuatan Gentong Geni, Usman Wijanarto, mengatakan biaya produksi satu unit gentong geni jumbo sebesar Rp100 juta. Sedangkan untuk ukuran kecil mencapai Rp80 juta.

Saat ini, kata dia, Gentong Geni memerlukan beberapa penyempurnaan seperti otomatisasi input sampah dan output berupa abu. Selain itu, perlu peningkatan daya batu tahan api untuk supaya panas yang dihasilkan lebih tinggi termasuk perbaikan pintu depan untuk perbaikan dan pengecekan.

“Kami juga mengupayakan reduksi asap yang dihasilkan supaya lebih ramah lingkungan. Kami berusaha akhir tahun ini seluruh penyempurnaan selesai” ujar Usman di sela-sela uji coba Gentong Geni, Kamis.

Camat Trucuk, Bambang Haryoko, mengatakan pemerintah tengah mengupayakan pembangunan Tempat Penampungan Sampah sementara (TPS) R-3 jumbo dengan luas 1.000 meter di tiap kecamatan. Namun, hal itu membutuhkan proses. Sedangkan, volume sampah di tiap-tiap wilayah berbeda-beda.

“Ada Gentong Geni untuk mengatasi volume sampah tingkat desa. Kalau cocok, bisa dianggarkan tahun 2018,” kata Bambang,

Ia menilai Gentong Geni menjadi alternatif untuk penutupan TPS-TPS liar yang berada di Trucuk. Selama ini penutupan TPS kerap tanpa diimbangi solusi pengelolaan sampah sehingga sampah hanya berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya.

Kepala Desa Mireng, Sunu Hadi Susanto, mengatakan jika Gentong Geni dinilai efektif dan efisien, tak menutup kemungkinan, ia akan menganggarkan pengadaan alat tersebut tahun depan.

“Di Mireng juga akan dibangun TPS R-3 dengan luas 1.000 meter persegi sesuai program satu kecamatan satu TPS yang diinisiasi pemerintah,” ujar dia.

Camat Ceper, Supriyono, mengatakan Gentong Geni alat itu menjadi solusi alternatif persoalan sampah dalam situasi darurat. “Kalau tidak segera di atasi, sampah dikhawatirkan memicu timbul persoalan baru,” kata dia dalam uji coba yang juga dihadiri para kepala desa di Trucuk, jajaran Muspika, dan Polsek Trucuk.

lowongan pekerjaan
CV.Indra Daya Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

CANON PHOTOMARATHON
Pelajar Juga Bisa Asah Kemampuan Fotografi

“Adanya kategori pelajar ini sejalan dengan misi Canon dalam mengembangkan dunia fotografi termasuk memupuk bakat para fotografer muda” Harianjogja,com, JAKARTA-Fotografi merupakan salah satu cabang seni yang sangat berperan dalam mengasah kreativitas dan kepekaan visual kita. Pada akhir 2017, para pelajar…