Sruti Respati (Ika Yuniati/JIBI/Solopos) Sruti Respati (Ika Yuniati/JIBI/Solopos)
Jumat, 6 Oktober 2017 20:28 WIB Ika Yuniati/JIBI/Solopos Nada Share :

Bikin Lagu, Sruti Terinspirasi dari Semangat Jokowi

Seniman Solo, Sruti mengaku membuat lagu terinspirasi dari Presiden Jokowi.

Solopos.com, SOLO--Penyanyi Solo, Sruti Respati, baru saja membuat lagu berjudul Kerja Kerja Kerja dalam ejaan Bahasa Jawa. Terinspirasi dari moto Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Kerja, Kerja, Kerja, lagu tersebut berisi tentang ajakan untuk bekerja daripada memupuk keributan.

“Kerja membawa manfaat bagi keluarga, masyarakat sekitar, anak-anak kita. Daripada ribut, memupuk hal negatif, kerja memberik efek yang baik bagi masyarakat, enggak perlu ribut,” kata dia saat diwawancara wartawan di Omah Sinten Heritage Hotel & Resto, Senin (1/10/2017).

Sruti menyebutkan ide lagu tersebut berawal dari kegelisahaanya terhadap kondisi bangsa. Keributan di mana-mana, hal-hal negatif semakin meluas sehingga mengurangi produktivitas masyarakat.

Orang-orang banyak mengritik, berlebihan dalam bicara, tetapi minim aksi nyata. Kata-kata Presiden ‘kerja, kerja, kerja,’ kemudian menginspirasinya membuat lagu tersebut.

Tak sendirian, lagu yang berawal dari project seru-seruan ini ditulis Sam Bobo. Sedangkan aransemen musik digarap oleh personel Emerald Band, Roedyanto. Prosesnya dimulai dari diskusi virtual, karena Sruti berada di Solo sedangkan kedua musisi lainnya di Jakarta.

Perbincangan tersebut kemudian ditindaklanjuti saat ia di Jakarta. Pembuatan lirik dilakukan kurang dari sehari. Sam menulis lantunan kata-katanya, sementara Sruti membenahi pakem-pakemnya. Begitu selesai ditulis, ia mulai rekaman.Paling lama, kata dia adalah proses produksi yang membutuhkan waktu lebih dari sebulan.

Secara keseluruhan lagu menggunakan bahasa Jawa dengan aransemen musik bertempo cepat. Roedyanto memasukkan unsur jaz dan campursari dalam lagu bergenre pop tersebut dengan konsep retro seperti era ’80-an. Sampai saat ini Kerja Kerja Kerja belum dinyanyikan dalam panggung musik manapun. Menurut rencana baru dirilis dalam waktu dekat di Jakarta. Namun berdasarkan akun instagram resmi @Srutirespati pada 3 September lalu, Kerja Kerja Kerja menjadi salah satu pilihan RBT salah satu operator seluler.

“Awalnya ini memang non komersil untuk seru-seruan. Sebagai seniman kan inspirasinya banyak ya, termasuk kata-kata Pak Jokowi. Saya katakan Pak Pak Jokowi tidak ngerti tentang ini [lagu kerja kerja kerja]. Tapi kami buat lagu berdasarkan kata-kata beliau memang iya,” kata dia.

 

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Pemkab Kulonprogo Tak Akan Lepas Tangan

Sejumlah pelatihan kerja dan keterampilan, sudah seringkali digelar Pemkab Kulonprogo dengan menggandeng pihak lain Solopos.com, KULONPROGO-Pemerintah Kabupaten Kulonprogo akan selalu mendampingi warganya terutama masyarakat yang terdampak pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA). Asisten II Setda Kulonprogo Triyono mengatakan,…