Jogja
Jumat, 6 Oktober 2017 - 16:40 WIB

Ada Festival Teater Tradisional di Sleman

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi GWO Sriwedari (Dok/JIBI/Solopos)

Dinas Kebudayaan Sleman menggelar festival teater tradisional.

Harianjogja.com, SLEMAN— Sebanyak 17 grup teater tradisional perwakilan dari masing-masing kecamatan bakal mengikuti kompetisi dalam Festival Teater Tradisional 2017. Festival teater tradisional tersebut diselenggarakan untuk Gelar Budaya Jogja.

Advertisement

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman Aji Wulantara, festival teater tradisional itu akan dilaksanakan selama dua malam berturut-turut.  Sejak Jumat (6/10/2017) hingga Sabtu (7/10/2017) malam di Pendopo Panggungsari Sariharjo Ngaglik. “Ini untuk mensukseskan Gelar Budaya Jogja yang digelar Disbud DIY,” katanya, Kamis (5/10/2017).

Selain itu, katanya, pagelaran tersebut bertujuan untuk menggali dan menjaring potensi seniman teater tradisional yang ada di masyarakat. “Ini bentuk kepedulian dan perhatian Pemkab terhadap kelestarian kehidupan seni teater tradisional,” katanya.

Dia berharap, festival itu dapat menggugah kembali semangat kebersamaan masyarakat. Termasuk memupuk kreaktifitas seniman seniwati teater tradisional dalam bingkai kompetisi. Dengan begitu, kualitas seniman teater tradisional dapat terus meningkat. “Kompetisi ini memperebutkan hadiah sebesar Rp29,5 juta. Kami akan menilai originalitas garapan, kesesuaian dengan tema, intensitas suara teatrikal, tata rias dan aspek lainnya,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif