Ilustrasi nasi (Naturalmedicinehouse.com) Ilustrasi nasi (Naturalmedicinehouse.com)
Kamis, 5 Oktober 2017 07:30 WIB JIBI/Solopos/Antara Kesehatan Share :

TIPS KESEHATAN
Awas, Ini Bahayanya Terlalu Banyak Makan Nasi

Tips kesehatan tidak menyarankan makan nasi terlalu banyak.

Solopos.com, SOLO – Manusia membutuhkan asupan karbohidrat dalam nasi untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Namun, perlu diingat makan karbohidrat terlalu banyak menimbulkan bahaya bagi tubuh,

Sebagaimana dilansir Antara dari Livestrong, Rabu (4/10/2017), satu cangkir nasi mengandung 242 kalori, 53 gram karbohidrat dan 4,39 gram protein. Nasi juga mengandung sejumlah kecil zat besi, fosfor, potassium, thiamin dan folat serta beberapa nutrisi mikronutrien lainnya.

Jumlah minimal atau total ketiadaan mikronutrien dalam asupan harian dapat menyebabkan kekurangan gizi. Oleh karenanya, jangan terlalu banyak porsi nasi dalam piring, imbangi juga dengan lauk pauk.

Ingatlah, kita juga harus mendapatkan 10-35 persen kalori harian dalam bentuk protein berkualitas lalu 20-35 persen lemak sehat.

Nasi mengandung kalori yang cukup rendah namun sangat tinggi karbohidrat. Jumlah asupan kalori harian dari karbohidrat yang disarankan adalah 45-65 persen, atau 900-1.300 kalori untuk seseorang yang mengonsumsi makanan rata-rata 2.000 kalori per hari.

Makan nasi terlalu banyak dapat mempengaruhi metabolisme glukosa dan produksi insulin di tubuh. Terkadang, sebagian orang mencampurkan nasi panas dengan mentega atau saus dan berfungsi memberi rasa pada nasi. Cara ini justru dapat meningkatkan jumlah kalori.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….