Ilustrasi kaki setelah memakai kaus kaki ketat (Reddit.com) Ilustrasi kaki setelah memakai kaus kaki ketat (Reddit.com)
Kamis, 5 Oktober 2017 12:45 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Fokus Share :

TAHUKAH ANDA?
Pakai Kaus Kaki Ketat Ternyata Berbahaya

Tahukah Anda kali ini tentang bahaya pemakaian kaus kaki ketat.

Solopos.com, SOLO – Kaus kaki merupakan benda penting yang dikenakan hampir setiap hari. Pemakaian secara rutin memang membuat kaus kaki cepat mengendur dan tidak nyaman dikenakan. Oleh sebab itu, banyak orang yang mengganti kaus kaki jika dirasa mulai mengendur.

Tak jarang, kebanyakan orang memakai kaus kaki yang lebih kecil dari ukuran kaki. Hal itu dilakukan lantaran kaus kaki bisa melar sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Namun, tahukah Anda jika memakai kaus kaki yang terlalu ketat berbahaya bagi kesehatan?

Dilansir Boldsky, Rabu (4/10/2017), kaus kaki yang terlalu ketat akan menyumbat pembuluh darah. Sirkulasi darah yang tidak lancar akan menimbulkan pembengkakan. Kondisi ini akan semakin parah jika Anda memiliki varises.

Selain itu, kaus kaki ketat juga meningkatkan risiko edema. Edema merupakan pembengkakan yang disebabkan akumulasi cairan. Hal ini terjadi lantaran pembuluh darah dan otot tertekan dengan karet kaus kaki yang ketat. Inilah sebabnya Anda harus segera melepaskan kaus kaki setelah seharian dipakai.

Selain itu, pemakaian kaus kaki yang terlalu lama membuat kulit tidak bisa bernapas hingga akhirnya menjadi lembap. Kondisi kaki yang lembap itu rentan ditumbuhi jamur. Oleh sebab itu, segera basuh kaki dan rendam dengan air hangat yang dicampur garam agar terasa lebih rileks.

Jika terpaksa mengenakan kaus kaki dalam waktu lama, pilihlah yang berbahan katun. Kain katun mampu menyerap keringat yang mengurangi risiko pertumbuhan jamur. Pakai kaus kaki yang pas, jangan terlalu sempit maupun longgar. Kaus kaki ketat akan meninggalkan garis merah pada kulit yang terkadang terasa gatal dan panas.

Sementara kaus kaki yang terlalu longgar sebaiknya dibuang karena akan membuat penampilan terlihat buruk. Jika terpaksa memakai yang ketat, sebaiknya tariklah terlebih dahulu sebelum dikenakan. Peregangan ini akan membuat kaus kaki melebar sesuai ukuran yang diinginkan dan menghindari berbagai risiko di atas.

lowongan pekerjaan
marketing, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

PILGUB JATENG
Rustriningsih Akui Peluangnya Maju Pilkada Tetap Ada

Pilgub yang lebih populer dengan nama Pilkada Jateng 2018 diakui mantan wakil gubernur Rustriningsih masih mungkin ia ikuti. Solopos.com, SEMARANG — Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih tak mau banyak berkomentar tentang kans dirinya maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil…