Ilustrasi Pungli (Dok/JIBI/Solopos)
Kamis, 5 Oktober 2017 15:35 WIB Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos Solo Share :

PUNGLI SOLO
Beroperasi di Lahan Pribadi Tanpa Izin, 3 Jukir Ditangkap Satgas Saber Pungli

Satgas Saber Pungli Solo menangkap tiga jukir yang beroperasi di lahan pribadi tanpa izin.

Solopos.com, SOLO — Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Solo menangkap tiga juru parkir (jukir) di selatan Benteng Vastenburg atau Jl. Mayor Sunaryo G7 da G8, Kelurahan Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Sabtu (30/9/2017) pukul 15.30 WIB.

Ketiga jukir ditangkap lantaran mereka beroperasi di kawasan tidak memiliki izin penggunaan lahan sebagai kantong parkir. Kasi Penindakan Satgas Saber Pungli Kota Solo, Kompol Agus Purwadi, menjelaskan lahan parkir yang digunakan ketiga jukir tersebut merupakan milik warga bernama Robby Sumampouw.

Lahan itu dijadikan sebagai lahan parkir swasta yang tidak dilengkapi izin dari Pemkot Solo. “Kami belum lama ini mengamankan tiga jukir yang menyalahi Perda Solo,” kata Agus saat dimintai informasi Solopos.com, Kamis (5/10/2017) siang.

Ketiga jukir yang ditangkap Satgas Saber Pungli, yakni Sugianto, 45, dan Joko Santoso, 38, warga Kelurahan Kedunglumbu, dan Muhammad Ervan, 43, warga Kelurahan Mertan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo.

Agus yang juga Kasatreskrim Polresta Solo menerangkan pengelolaan parkir di tempat khusus parkir milik swasta di Kota Bengawan dapat dilakukan setelah mendapat izin dari Pemkot Solo. “Apabila hal itu tidak dilaksanakan, pelaku diancam pidana kurungan maksimal tiga bulan sesuai Pasal 250 jo Pasal 219 ayat (1) Perda No. 1/2013 tentang Penyelenggaraan Perhubungan,” terang Agus.

Saat menangkap ketiga jurkir, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti pelanggaran, seperti dua bandel karcis parkir kendaraan, uang tunai Rp414.000, hingga perlengkapan alat tulis. Agus menerangkan Satgas Saber Pungli Solo menindaklanjuti penangkapan ketiga jukir tersebut dengan melimpahkan kasus kepada penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) Solo.

Dia mengimbau para jukir mematuhi ketentuan. Sedangkan kepada masyarakat, dia meminta agar tidak takut atau sungkan melaporkan setiap temuan tindak pungli di lapangan.

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…