Jogja
Kamis, 5 Oktober 2017 - 17:20 WIB

Mencicipi Gebleg, Makanan Khas Kulonprogo

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Slamet sedang menggoreng gebleg di Manunggal Fair 2017, Rabu (4/10/2017). (Perdani Fitryana Tegar Marhaendro/Harian Jogja)

Manunggal Fair 2017 yang menampilkan usaha rakyat Kulonprogo

 
Harianjogja.com, KULONPROGO- Manunggal Fair 2017 yang menampilkan usaha rakyat Kulonprogo, tak hanya berisi kerajinan. Kuliner pun tersedia.

Advertisement

Gebleg salah satunya. Makanan khas Kulonprogo ini bisa didapatkan di dalam ajang pameran tahunan tersebut.

Sekitar 10 meter dari gerbang masuk Manunggal Fair pengunjung akan menemukan gerai makanan tradisonal Gebleg Tempe “Ibu Slamet”.

Slamet nama penjual gebleg ini. Ia sengaja ikut dalam Manunggal Fair 2017 untuk mempromosikan usahanya. Biasanya, dalam sehari-hari ia menjajakan gebleg bikinannya di Pasar Clereng.

Advertisement

“Saya sudah berjualan gebleg selama 5 tahun di sana,” katanya, kepada Harianjogja.com, Selasa (3/10/2017).

Karena harganya yang murah meriah yakni Rp500 per buah, makanan dengan teksturnya yang kenyal dan rasanya gurihnya yang khas ini menjadi primadona di kalangan masyarakat Kulonprogo, bahkan hingga pendatang.

Gebleg ini terbuat dari singkong yang diparut kemudian diambil sarinya, sari dari singkong tersebutlah yang kemudian menjadi achi dan dicampur dengan bawang dan garam.

Advertisement

Setelah tercampur rata adonan tersebut dibentuk menjadi seperti angka 8 dan kemudian siap di goreng. Untuk membuat 50kg adonan dibutuhkan waktu sekitar dua jam.

Slamet mengaku selama berjualan ia tidak menemukan kesulitan. Karena tergolong dalam makanan tradisional jualannya selalu laris manis.  “Asal ngolahnya bersih dan hasilnya enak pastu laku,” tambahnya.

Meskipun gebleg Slamet sudah di kirim ke luar pulau,  ia mengatakan bahwa bumbu yang ia gunakan hanyalah bawang dan garam.  Selain digoreng, gebleg buatannya juga bisa dimakan dengan menggunakan parutan kelapa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif