Soloraya
Kamis, 5 Oktober 2017 - 16:35 WIB

Lapuk, Atap Aula Balai Desa Trobayan Sragen Ambrol

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi Aula Balai Desa Trobayan, Kalijambe, Sragen, yang atapnya ambrol, Kamis (5/10/2017) pagi. (Istimewa)

Atap aula Balai Desa Trobayan, Kalijambe, Sragen, ambrol karena sudah lapuk.

Solopos.com, SOLO — Atap aula Balai Desa Trobayan, Kalijambe, Sragen, ambrol pada, Kamis (5/10/2017) pagi. Penyebabnya diduga karena konstruksi atap sudah lapuk dimakan usia.

Advertisement

Beruntung tidak ada korban dalam kejadian itu lantaran waktu kejadian masih pagi, sekitar pukul 07.30 WIB. “Penyebab ambrol karena memang sudah lapuk,” ujar Kasi Trantib Kecamatan Kalijambe, Agus Subagyo, kepada Solopos.com.

Dia menjelaskan perangkat desa setempat langsung bekerja bakti menyingkirkan puing-puing atap yang ambrol. Beberapa kerangka kayu yang berpotensi ambrol juga diturunkan agar tak membahayakan.

Kerugian material akibat kejadian tersebut ditaksir sekitar Rp50 juta. Camat Kalijambe, Yusdi Thoyib, mengatakan perbaikan atap diserahkan kepada pemdes setempat. Dia menilai anggaran desa sudah mampu untuk melaksanakannya.

Advertisement

“Kami serahkan kepada Pemdes Trobayan untuk perbaikannya. Mungkin masuk APB Desa tahun depan. Kan sudah ada dana desa dan alokasi dana desa. Desa sudah mampu untuk menangani perbaikannya,” kata dia.

Thoyib memastikan ambrolnya atap aula balai desa tak akan mengganggu pelayanan pemdes. Kantor balai desa berbeda ruang dengan aula yang atapnya ambrol. “Layanan pemdes tetap buka,” imbuh dia.

Thoyib mengimbau pemdes lain di Kalijambe agar juga memerhatikan kondisi fisik kantor atau balai desa. Bila memang perlu diperbaiki agar segera dianggarkan dari APB Desa. Jangan sampai bangunan ambruk dan mengancam keselamatan perangkat maupun warga.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif