Jateng
Kamis, 5 Oktober 2017 - 14:50 WIB

KEBERSIHAN KUDUS : Sungai-Sungai Penuh Sampah, Warga Kudus Dinilai Kurang Edukasi

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sampah di sungai Dusun Kiongan, Desa Karangampel, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jateng. (Facebook.com-Budi)

Kebersihan yang buruk di sungai-sungai di Kabupaten Kudus memicu penilaian terhadap warganya yang dianggap kurang mendapatkan pendidikan.

Semarangpos.com, KUDUS – Beberapa sungai di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) dikabarkan menjadi tempat pembuangan sampah bagi sebagian masyarakat. Hal itu pun ramai dibicarakan warga dunia maya (netizen) di media sosial Facebook yang menilai masih banyak masyarakat minim pengetahuan mengenai kebersihan lingkungan.

Advertisement

Penilaian warganet itu ramai dilontarkan di halaman Facebook Info Seputar Kudus setelah bereda foto salah satu sungai di Kabupaten Kudus yang dipenuhi sampah. Pengelola halaman Facebook itu mengunggah beberapa foto sungai yang dipenuhi sampah untuk membuka diskusi warganet.

Netizen lantas melontarkan penilaian mereka yang menganggap sebagian masyarakat Kudus masih minim edukasi mengenai perlunya menjaga kebersihan lingkungan. “Ya itulah masyarakat saat ini, diberi imbauan, diperingatkan dah tulisan tidak dihiraukan,” ungkap pengguna akun Facebook Arfian Madara.

Wong gak mudeng urep ya koyo ngono sampah kok di buang di aliran sungai hadeh tobat2 [Warga yang tak tahu caranya hidup ya seperti itu. Sampah kok dibuang di aliran sungai],” tulis pengguna akun Facebook Gunadi Adi Asi.

Advertisement

Menurut netizen, warga Kudus harus mulai diberikan edukasi pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Selain membuat lingkungan yang sehat, edukasi mengenai kebersihan itu, menurut mereka, juga bisa menghindarkan wilayah Kudus dari bencana seperti banjir.

“Perlu edukasi di setiap desa tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap pengguna akun Facebook Heru Rahmanto.

“Masyarakat perlu diedukasi untuk pemilahan sampah. Kalau orang dewasa tidak bisa, mungkin mulai dari PAUD perlu diberikan pendidikan semacam itu,” timpal pengguna akun Facebook Ari Wahyu Wibowo.

Advertisement

Netizen berharap Pemkab Kudus memandang masalah kebersihan itu sebagai masalah serius dan harus segera ditindaklanjuti. Mereka pun menggantungkan harapan agar Pemkab Kudus mau mencanangkan program yang mampu mengedukasi masyarakat mengenai kebersihan lingkungan. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif