Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)
Kamis, 5 Oktober 2017 04:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

Gubernur Jateng Dorong Baznas di Kabupaten dan Kota

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendorong pepbentukan baznas di kabupaten dan kota.

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong pembentukan Badan Amil Zakat Nasional di tiap kabupaten dan kota setelah melihat besarnya potensi Baznas dalam penanggulangan kemiskinan. “Dari besarnya potensi tersebut, saya selalu mendorong agar seluruh kabupaten/kota di Jateng segera membentuk Baznas sehingga dana zakat yang dikumpulkan dapat langsung digunakan untuk persoalan-persoalan kemiskinan,” katanya di Kota Semarang, Jateng, Rabu (4/10/2017).

Ganjar menyebutkan, saat ini masih ada beberapa daerah yang belum membentuk Baznas, diantaranya adalah Kabupaten Blora, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Pemalang jateng. Pada Kabupaten Blora, pengurus Baznas tinggal menunggu dilantik, di Magelang masih menunggu rekomendasi dari Baznas pusat, sedangkan di Pemalang baru tahap seleksi pengurus.

Ganjar menjelaskan bahwa Baznas merupakan salah satu kekuatan yang dapat dioptimalkan dalam upaya pengurangan angka kemiskinan di Provinsi Jateng. Politikus PDI Perjuangan itu bahkan menyebut Baznas sebagai mitra penanggulangan kemiskinan yang memiliki potensi sangat besar karena dana zakat yang diperoleh langsung dapat segera disalurkan kepada warga yang terindikasi miskin.

“Selama ini Baznas sangat membantu penurunan kemiskinan, salah satunya dengan program bantuan perbaikan rumah tidak layak huni [RTLH],” ujarnya. Program RTLH tersebut, kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, mampu menjadi stimulan masyarakat untuk menumbuhkan semangat gotong royong karena yang bersangkutan juga ikut membantu dengan mengumpulkan dana swadaya untuk perbaikan RTLH di sekitarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…