Jateng
Rabu, 4 Oktober 2017 - 13:50 WIB

PRESTASI SEMARANG : Kota Semarang Wakili Indonesia Berlomba Kota Bersih ASEAN

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lawang Sewu menjadi salah satu tujuan utama wisatawan di Kota Semarang, Jateng, Minggu (1/1/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra)

Prestasi kembali dicatatkan Kota Semarang yang dipercaya mewakili Indonesia bersaing sebagai kota bersih wisata ASEAN.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kota Semarang terpilih mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN Clean Tourist City atau kota wisata bersih tingkat ASEAN. “Ini kebanggaan, sekaligus tugas berat bagi kami sebagai salah satu yang akan mewakili Indonesia dalam kompetisi ini,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi terkait prestasi anyar Kota Semarang itu, Selasa (3/10/2017).

Advertisement

Prestasi Semarang mendapatkan kepercayaan mewakili Indonesia dalam ASEAN Clean Tourist City itu diungkapkan Wali Kota Hendrar Prihadi seusai menerima kunjungan Tim Penilai Standar Kota Wisata Bersih ASEAN (ASEAN Clean Tourist City Standart) di Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) Kota Semarang.

Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—mengatakan Semarang memang tergolong “pemain baru” di bidang pariwisata, tetapi terus berupaya membenahi destinasi-destinasi wisata yang dimiliki. “Utamanya, kebersihan dari sampah, penataan reklame, sanitasi atau persoalan air, dan penyediaan peta informasi wisata dan peta transportasi wisata,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Sebelum terpilih mewakili Indonesia, Semarang akan berkompetisi bersama enam kota besar lainnya, yakni Surabaya, Malang, Solo, Bandung, Buleleng, dan Banyuwangi yang akan dipilih satu kota. Kota Semarang, kata Hendi, memiliki setidaknya tiga modal, yakni enam kali berturut-turut meraih penghargaan Adipura, menempati urusan lima Indeks Pariwisata Indonesia, dan Wiwerda Kota Sehat.

Advertisement

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Masdiana Safitri menjelaskan ASEAN Clean Tourist City Standart bertujuan memberikan panduan negara ASEAN untuk meningkatkan kualitas pariwisatanya. Standar tersebut, kata dia, untuk memberikan tolok ukur bagi negara-negara ASEAN dalam memberikan kepuasan wisatawan, mendongkrak wisatawan, dan kondisi masyarakat lokal menyambut wisatawan.

“Semarang akan bersaing dengan enam kota lainnya, yakni Surabaya, Malang, Solo, Bandung, Buleleng, dan Banyuwangi. Rencananya, pemenangnya akan diumumkan pada Januari 2018,” katanya.

Ada beragam indikator yang menjadi penilaian, meliputi pengelolaan lingkungan, kebersihan, penanganan limbah, pembangunan kesadaran perlindungan lingkungan dan kebersihan. “Serta, terkait juga indikator ruang hijau, keselamatan, kesehatan, dan keamanan perkotaan. Ditambah lagi, indikator infrastruktur dan fasilitas pariwisata,” pungkas Masdiana.

Advertisement

Sementara itu, Ketua tim penilai lapangan Mira Puspasari Gunawan dari Kementerian Pariwisata menyampaikan masukan kepada wali kota menyangkut pembenahan-pembenahan sektor pariwisata. “Reklame dan Hotel Dibya Puri masih perlu dibenahi, sanitasi di Kampung Pelangi perlu ditambah, demikian pula objek-objek wisata lain yang belum memiliki peta informasi,” katanya.

Kota yang akan mendapatkan predikat Kota Wisata Bersih ASEAN, kata Mira, harus meraih sekurang-kurangnya 60% dari total nilai, dengan mendapatkan sertifikat berlaku selama tiga tahun.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif