Ilustrasi perguruan tinggi (JIBI/Dok) Ilustrasi perguruan tinggi (JIBI/Dok)
Rabu, 4 Oktober 2017 05:40 WIB Sunartono/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PERGURUAN TINGGI DIY
Siap-Siap, PTS yang Mahasiswanya Sedikit Akan Dievaluasi

Kopertis DIY akan mengevaluasi PTS yang jumlah siswanya kurang dari 100.

Solopos.com, SLEMAN— Kopertis Wilayah V DIY akan segera mengevaluasi 29 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki mahasiswa kurang dari 100 orang. Penggabungan antar kampus ditawarkan sebagai solusi mengatasi persoalan minimnya memperoleh mahasiswa pada PTS tersebut.

Koordinator Kopertis Wilayah V DIY Bambang Supriyadi menjelaskan, hingga awal Oktober 2017, berdasarkan data masuk masih ada 29 PTS di DIY yang memiliki jumlah total mahasiswa di bawah 100 orang. Bahkan tidak sedikit dari 29 tersebut yang jumlah mahasiswanya di bawah 50 orang. Menurutnya, jelas tidak logis jika dengan jumlah mahasiswa yang sedikit itu PTS tersebut masih tetap bertahan.

“Jelas akan dievaluasi, mosok satu perguruan tinggi kurang dari 50, sak perguruan tinggi kwi, misal akademi [D-3] kalau 100 itu kan, setiap angkatan 30-an, nek [totalnya] 50, terus piye, terus nek iso nggo nguripi,” terangnya kepada Harian Jogja, Senin (2/10/2017).

Oleh karena itu, daripada PTS tersebut menyiksa diri, maka sebaiknya bersedia untuk dievaluasi. Kurun waktu lebih dari setahun silam, pihaknya sudah melakukan evaluasi terhadap PTS tersebut. Namun para pengurus yayasan dari PTS itu menyatakan kesediaannya untuk melakukan perbaikan sehingga dapat meningkatkan jumlah mahasiswanya.

Meski demikian, hingga Oktober 2017, jumlah PTS yang memiliki mahasiswa di bawah 100 orang rupanya tergolong banyak. “[Mereka] sudah pernah kami singgung, cuma kan semua mengatakan kami akan berusaha mengembangkan tetapi kenyataannya saya cek lagi ternyata, banyak kurang dari 50 mahasiswanya,” imbuh dia.

lowongan pekerjaan
PT. ATALIAN GLOBAL SERVICE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…