Ilustrasi Perang Krimea. (Wikimedia.org) Ilustrasi Perang Krimea. (Wikimedia.org)
Rabu, 4 Oktober 2017 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 4 Oktober

Catatan peristiwa dunia hari ini, 4 Oktober, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada hari ke-277—hari ke-278 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 4 Oktober. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum berbagai peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 4 Oktober, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

23
Pasukan pemberontak menduduki dan menghancurkan ibu kota Kerajaan Dinasti Xin, yakni Chang’an. Pemimpin dinasti tersebut, Wang Mang, lantas dibunuh dua hari kemudian. Peristiwa itu sekaligus menjadi tanda runtuhnya Dinasti Xin yang sudah berdiri selama 14 tahun.

1302
Perang Bizantium-Venesia yang berlangsung sejak 1296 berakhir dengan ditandatanganinya perjanjian damai. Republik Venesia dinyatakan menang dalam perang tersebut. Meski demikian, Republik Venesia bersedia mengembalikan beberapa wilayah Kekaisaran Bizantium yang sudah berhasil dikuasai. Sedangkan Kekaisaran Bizantium bersedia mengganti kerugian yang dialami Republik Venesia selama perang.

1636
Pasukan Swedia berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan pasukan Saxony dalam Pertempuran Wittstock, di sebelah barat laut Berlin, Jerman. Di salah satu pertempuran di masa Perang 30 Tahun itu, pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan Saxony harus kehilangan sekitar 5.000 tentaranya, sedangkan Swedia hanya kehilangan sekitar 3.100 tentara.

1777
Salah satu pertempuran antara pasukan Amerika Serikat (AS) dan pasukan Inggris di masa Perang Revolusi Amerika meletus di Germantown, Pennsylvania, AS. Dalam pertempuran tersebut, pasukan AS pimpinan George Washington berhasil mengalahkan pasukan Inggris yang dipimpin Sir William Howe.

1853
Kesultanan Ottoman mendeklarasikan perang terhadap Kekaisaran Rusia lantaran ketegangan kedua negara yang sebelumnya telah berlarut-larut. Deklarasi itu lantas memicu Perang Krimea yang melibatkan beberapa negara dan berlangsung hingga 1856.

Tentara Sekutu menyita artileri milik Jerman yang digunakan dalam Pertempuran Broodseinde, 1917. (Wikimedia.org)

Tentara Sekutu menyita artileri milik Jerman yang digunakan dalam Pertempuran Broodseinde, 1917. (Wikimedia.org)

1917
Pasukan Sekutu berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Broodseinde di Broodseinde, Flandaria dekat Ypers, Belgia. Salah satu pertempuran di masa Perang Dunia I itu menyebabkan sekitar 30.000 tentara Jerman dan sekitar 20.000 tentara Sekutu meregang nyawa.

1965
Paus Paulus VI tiba di New York, Amerika Serikat (AS). Hal itu menjadikan dirinya sebagai paus pertama yang berkunjung ke AS.

1966
Kerajaan Lesotho meraih kemerdekaan penuh dari Inggris. Sebelummnya, Inggris telah menguasai Lesotho sejak 1869. Lesotho merupakan negara kecil di Afrika bagian selatan.

Tomas Rosicky kala masih berseragam Arsenal. (Independent.ie)

Tomas Rosicky kala masih berseragam Arsenal. (Independent.ie)

1980
Tomas Rosicky lahir di Praha, Cekoslowakia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela dua klub besar di Eropa, yakni Borussia Dortmund dari 2001 hingga 2006 dan Arsenal sejak 2006 sampai 2016. Kini, pemain sepak bola yang biasa bermain sebagai gelandang serang itu membela klub di tanah kelahirannya, Sparta Praha.

1993
Presiden Rusia Boris Yeltsin memerintahkan para tentara untuk membombardir gedung parlemen di Moskow, Rusia menggunakan tank. Hal itu dilakukan demi meredam aksi para demonstran yang mengungkapkan rasa tak puas mereka terhadap kinerja pemerintah. Serangan militer itu lantas menewaskan sekitar 187 orang. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 3 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 2 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 1 Oktober

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…