Ilustrasi oatmeal (Hum.tv) Ilustrasi oatmeal (Hum.tv)
Selasa, 3 Oktober 2017 23:45 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Issue Share :

TIPS CANTIK
4 Manfaat Oatmeal untuk Wajah Bersih dan Cerah Alami

Tips cantik tentang empat manfaat oatmeal untuk wajah bersih dan cerah secara alami.

Solopos.com, SOLO – Kebanyakan orang menganggap oatmeal merupakan makanan ampuh pemangkas bobot tubuh. Oatmeal selalu dimasukkan dalam daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi pelaku diet.

Faktanya, oatmeal memang membantu menurunkan bobot tubuh. Tapi, tak hanya baik dikonsumsi pelaku diet, oatmeal memiliki segudang manfaat lain, salah satunya untuk kecantikan. Jangan salah, bahan pangan yang satu ini ternyata mampu menutrisi kulit wajah dan membuatnya segar dan cerah.

Mau tahu apa saja manfaat oatmeal bagi kecantikan kulit? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Pop Sugar, Selasa (3/10/2017), di bawah ini:

Membersihkan kulit

Oatmeal mengandung saponin, senyawa kimia yang biasa ditemukan pada tumbuhan. Senyawa ini akan berbuih jika terkena air dan bisa dipakai layaknya sabun. Zat ini mampu mengikat minyak sehingga membuat kulit terasa kenyal dan bebas kilap. Kelebihan inilah yang membuat oatmeal cocok dipakai untuk membersihkan wajah, khususnya bagi pemilik kulit sensitif.

Oatmeal jauh lebih lembut daripada sabun wajah, yang hanya akan mengangkat minyak secara alami di kulit luar tanpa menembus pori-pori. Cara membersihkan wajah dengan oatmeal juga sangat mudah. Cukup tuangkah satu sendok teh oatmeal lalu larutkan dengan air hangat secukupnya sampai teksturnya mengental. Oleskan larutan itu sambil memijat lebut bagian wajah. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Melembapkan kulit

Cuaca panas memang sering membuat kulit menjadi kering bahkan sampai mengelupas. Jika takut memakai pelembap berbahan kimia, tak ada salahnya mengganti dengan oatmeal. Caranya, campurkan tiga sendok makan oatmeal dengan dua sendok makan yoghurt dan madu. Oleskan krim tersebut pada bagian wajah yang kering sekitar 15 menit sebelum mandi. Nutrisi yang terkandung pada ketiga bahan itu mampu mengembalikan kelembapan kulit secara alami.

Mencerahkan kulit

Oatmeal juga bisa dipakai sebagai lulur untuk mencerahkan kulit. Partikel yang kecil dan lembut membuatnya sangat ampuh mengangkat sel kulit mati penyebab wajah kusam. Cara membuat lulur ini cukup sederhana, campurkan dua sendok makan oatmeal dengan satu sendok makan gula merah halus. Larutkan kedua bahan itu dengan air hangat sampai teksturnya mengental. Oleskan lulur ke wajah, diamkan sampai setengah kering. Kemudian gosok wajah secara perlahan dan bilas dengan air bersih.

Mencegah jerawat

Keberadaan jerawat di wajah tentu akan mengganggu penampilan. Apalagi jika jerawat tengah meradang dan berwana merah yang membuat kulit terasa gatal dan panas. Sebagai solusi, pakailah masker dari oatmael yang dilarutkan dengan air.

Bahan pangan yang satu ini mengandung zat khusus yang ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat dan alergi lainnya. Selain itu, oatmeal juga kaya akan antioksidan yang mencergah penuaan dini. 

 

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…