Jogja
Selasa, 3 Oktober 2017 - 23:40 WIB

PERTUMBUHAN KULONPROGO : Daerah Ini Alami Pertumbuhan IPM Paling Tinggi di DIY

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menko PMK Puan Maharani (tengah) bersama Menristekdikti Mohamad Nasir (ketiga dari kanan), meresmikan kick off program nasional pengembangan 100 Taman Sains dan Teknologi di Bandung, Kamis (7/5/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Fahrul Jayadiputra)

Kabupaten Kulonprogo dinyatakan sebagai daerah yang memiliki pertumbuhan IPM paling tinggi di DIY.

Harianjogja.com, KULONPROGO— Kabupaten Kulonprogo meraih Top Mover Pertumbuhan Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM) 2012-2016. Penghargaan ini diberikan kepada wilayah, dengan pertumbuhan IPM paling tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), selama empat tahun tersebut.

Advertisement

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, JB Priyono menuturkan, berdasarkan analisis pertumbuhan IPM dalam kurun waktu tersebut, Kulonprogo tumbuh dari 68,74 menjadi 72,38. Atau pertumbuhan IPM sebesar 2,64 poin, atau 3.78% dengan rata-rata 0,93% per tahun.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo menuturkan, BPS sangat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peran itu terletak pada kekuatan data yang dibangun BPS. Data seperti halnya sumber pelita utama, untuk melihat fakta dan fenomena sesungguhnya. Data BPS sudah menjadi rujukan dalam setiap kebijakan pemerintah.

“Dari data tersebut dapat dilakukan diagnosis terhadap permasalahan yang ada. Pemda harus mampu mendiagnosis masyarakatnya, termasuk diagnosis penyebab kemiskinannya, tanpa diagnosis yang benar maka semua program akan salah dan hanya akan menghambur-hamburkan dana,” kata dia, Senin (2/10/2017).

Advertisement

Ia menambahkan, pengelolaan satu data di level kabupaten/kota, perlu dilengkapi pula dengan beberapa indikator, misalnya kependudukan, gender dan kesehatan reproduksi, serta kemiskinan. Meskipun angka kemiskinan di Kulonprogo masih tinggi, namun angka harapan hidup di Kulon Progo tertinggi yaitu 75 tahun. Harapannya, ke depan Pemda lebih banyak memiliki data terkini yang sah dan di akui oleh BPS.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif