Konsol retro Commodore 64. (Istimewa/Mashable) Konsol retro Commodore 64. (Istimewa/Mashable)
Selasa, 3 Oktober 2017 14:10 WIB JIBI/Solopos.com/Newswire Gadget Share :

Nintendo Produksi Ulang Konsol Klasik Commodore 64

Total game yang bisa dimainkan dalam Commodore 64 Mini sebanyak 64 judul.

Solopos.com, TOKYO – Nintendo kembali memulai proyek menghidupkan kembali konsol jadunya. Mengikuti jejak kesuksesan NES Classic dan SNES Classic, Nintendo kembali menghidupkan konsol jadul Commodore 64. Konsol itu diumumkan di Retro Games Limited dan dinamakan sebagai Commodore 64 Mini.

Commodore 64 merupakan konsol yang dimiliki Nintendo 35 tahun lalu. Konsol ini dirilis pertama kali pada 1982. Sama seperti SNES Classic, Commodore 64 Mini merupakan edisi ‘pengurangan’ dari versi sebelumnya.

Konsol ini tampil dengan ukuran bodi 50% lebih mungil namun dengan dukungan game yang lebih banyak. Total game yang bisa dimainkan dalam Commodore 64 Mini sebanyak 64 judul.

Dilansir Slashgear, Senin (2/10/2017), untuk memainkannya, konsol ini membutuhkan koneksi HDMI ke perangkat TV. Dilengkapi pula oleh joystick yang dihubungkan ke ke salah satu dari dua port USB yang disediakan.

Dengan port UBS itu pengguna juga bisa melakukan update firmware Commodore 64 Mini. Fitur ini sendiri cukup langka untuk konsol sejenisnya.

Selain bisa memainkan game, Commodore 64 Mini juga bisa digunakan sebagai komputer. Pengguna bisa menghubungkan sebuah keyboard ke salah satu port USB untuk mengetikkan BASIC atau memprogram permainan sendiri.

Sayangnya, belum diketahui kapan konsol ini akan dirilis ke pasar. Kemungkinan penjualannya dimulai pada 2018 mendatang.

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTORINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mencari Alamat Bahasa Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (06/01/2018). Esai ini karya Na’imatur Rofiqoh, ”pemukul” huruf dan juru gambar yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah naimaturr@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Bahasa Indonesia tidak lagi beralamat di Indonesia. Indonesia malah jadi tempat…