Jogja
Selasa, 3 Oktober 2017 - 07:55 WIB

HUT JOGJA : Malioboro Coffee Night Juga Diikuti Petani Kopi

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Walikota Jogja Heroe Purwadi saat berada dalam acara Malioboro Coffe Night, Senin (2/10/2017) malam. (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Dalam sebulan, ia bisa menjual sampai 50 kg kopi bubuk

Harianjogja.com, JOGJA-Keseruan Malioboro Coffee Night dalam rangkaian HUT Jogja ke-261 tidak hanya diikuti barista saja. Acara ini juga diramaikan petani kopi.

Advertisement

Husnul, petani kopi asal Bondowoso memamerkan kopi terbaiknya yang telah tersertifikasi indikasi geografis. “Ini jadi salah satu kopi terbaik Indonesia,” kata dia, Senin (2/10/2017) malam.

Ia mengatakan, kopi Bondowoso memiliki rasa asam Jawa yang kental, spicy dan rempah yang menonjol, serta after taste yang lekat. Ia menjual kopi-kopi Bondowoso dengan harga mulai Rp35.000 per ons.

Ia mengakui, seiring kebiasaan minum kopi yang menjadi tren, membuat permintaan kopi meningkat. Dalam sebulan, ia bisa menjual sampai 50 kilogram (kg) kopi bubuk. Pemasaran selama ini di kawasan Jawa dan Bali.

Advertisement

Renata, 20, salah satu pengunjung Malioboro Coffee Night ikut serta mengantre untuk mendapatkan kopi gratis. Untuk mendapatkan satu gelas kopi, ia harus mengantre sampai 30 menit. Menurutnya, dengan acara Malioboro Coffee Festival tersebut, tren minum kopi akan semakin meningkat.

“Kalau untuk ingin face to face lebih dekat dengan baristanya enggak mungkin karena acara ini [Malioboro Coffee Night] ini lebih memberikan kesempatan menikmati kopi untuk masyarakat umum,” ujar dia.

Anggi Dita selaku Humas dan Publikasi Malioboro Coffee Night mengatakan, event ini menjadi event ngopi sepanjang malam yang baru pertama kalinya digelar di Indonesia. Malioboro Coffee Night juga untuk memperingati Hari Kopi Internasional. Acara ini dimeriahkan berbagai aksi seniman jalanan, musik, karikatur dan obrolan wengi dengan para pegiat kopi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif