News
Selasa, 3 Oktober 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 3 Oktober

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lokasi yang diyakini sebagai tempat penemuan enam jenderal dan satu perwira TNI AD korban Gerakan 30 September. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 3 Oktovber dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 3 Oktober. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum berbagai peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 3 Oktober, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

2333 SM
Dangun Wanggeom mendirikan Kerajaan Gojoseon di Semenanjung Korea. Kerajaan tersebut mulai runtuh pada 109 SM ketika pasukan Dinasti Han dari Tiongkok melakukan invasi dan menguasai beberapa wilayah Kerajaan Gojoseon. Pada abad ke-1 Masehi, setelah runtuhnya Kerajaan Gojoseon dan pudarnya kekuasaan Dinasti Han, terbentuk beberapa negara kecil di Semenanjung Korea.

1929
Kerajaan Serbia, Kroasia, dan Slovenia secara resmi berubah nama menjadi Kerajaan Yugoslavia. Kerajaan Yugoslavia berdiri hingga 1943 sebelum berubah menjadi Republik Federal Sosialis Yugoslavia. Negara tersebut akhirnya benar-benar runtuh dan terpecah menjadi beberapa negara pada 1992.

Advertisement

1929
Kerajaan Serbia, Kroasia, dan Slovenia secara resmi berubah nama menjadi Kerajaan Yugoslavia. Kerajaan Yugoslavia berdiri hingga 1943 sebelum berubah menjadi Republik Federal Sosialis Yugoslavia. Negara tersebut akhirnya benar-benar runtuh dan terpecah menjadi beberapa negara pada 1992.

1932
Irak meraih kemerdekaan dari Inggris. Sebelumnya, Irak berada di bawah kontrol Inggris sejak 1920 sesuai dengan mandat Liga Bangsa-Bangsa.

1943
Jepang membentuk kelompok tentara sukarela yang disebut Giyugun di Sumatra. Tidak seperti Heiho yang mengikuti aturan tentara Jepang, Giyugun memiliki undang-undang dan peraturan sendiri. Giyugun dibentuk demi mendidik penduduk Indonesia dalam menghadapi tentara Sekutu di masa Perang Dunia II.

Advertisement

1951
Salah satu pertempuran di masa Perang Korea antara pasukan PBB dan pasukan Tiongkok meletus di dekat Sungai Imjin, Korea. Peristiwa yang kini dikenang dengan sebutan Pertempuran Maryang San itu berlangsung selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan pasukan PBB.

1965
Jasad enam jenderal dan satu perwira militer korban Gerakan 30 September diklaim TNI AD ditemukan dalam sumur tua di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Para korban yang ditemukan itu antara lain Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI Raden Suprapto, Mayjen TNI Mas Tirtodarmo Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Brigjen TNI Donald Isaac Panjaitan, Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo, dan Lettu Pierre Andreas Tendean.

Josh Adam Klinghoffer. (Consequenceofsound.net)

Advertisement

1979
Josh Adam Klinghoffer lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS). Namanya lantas dikenal luas sebagai gitaris yang menggawangi salah satu band ternama, Red Hot Chili Peppers (RHCP). Josh bergabung dengan RHCP sejak 2009 menggantikan gitaris sebelumnya, John Anthony Frusciante. Bersama RHCP, Josh sudah menorehkan dua album, yakni I’m With You yang dirilis pada 2011 dan The Getaway pada 2016.

Zlatan Ibrahimovic. (Thesun.co.uk)

1981
Zlatan Ibrahimovic lahir di Malmo, Swedia. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola ternama yang membela klub besar di Inggris, yakni Manchester United (MU). Sebelum membela MU, Ibrahimovic pernah membela sejumlah klub besar lainnya di Eropa, antara lain Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, dan Paris Saint-Germain.

Advertisement

1990
Jerman Barat dan Jerman Timur secara resmi kembali bersatu. Sebelumnya, Jerman terpecah menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur sejak 7 Oktober 1949. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 2 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 1 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 30 September

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif