Jogja
Selasa, 3 Oktober 2017 - 12:23 WIB

Camat Sedayu Upayakan Bantuan Listrik untuk Pasangan Tuna Netra

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemadaman listrik. (Ukpreppersguide.co.uk)

Camat Sedayu, Fauzan M. memberikan bantuan berupa aliran listrik pada pasangan suami istri tuna netra

Harianjogja.com, BANTUL– Camat Sedayu, Fauzan M. memberikan bantuan berupa aliran listrik pada pasangan suami istri tuna netra warga Sungapan, Argodadi, Sedayu, Senin (2/10/2017).

Advertisement

Pasangan tuna netra, Ponijan dan Slamet tersebut dengan satu anaknya hidup dengan hanya mengadalkan listrik dari tetangga atau terkadang hanya menggunakan lilin. Bentuk bantuan ini merupakan program penyelesaian masalah kemiskinan dasar.

Program kemiskinan dasar tersebut ditujukan pada masyarakat yang masih mengalami permasalahan dasar berupa permasalahan sandang, pangan dan papan, juga termasuk penyandang difabel.

“Untuk saat ini capaian bantuan untuk penyandang difabilitas sejumlah tujuh buah kursi roda, satu alat dengar dan bantuan pula berupa sembako,” ungkap Fauzan.

Advertisement

Di Sedayu sendiri masih cukup banyak rumah tidak layak huni, mencapai angka 352 rumah dengan tingkat ketidak layakan yang berbeda-beda.

Menurut Fauzan hal itu dapat dilihat dari bentuk tembok yang masih terbuat dari anyaman bambu, atap masih belum layak, lantai tanah, selain itu pula rumah juga punya listrik atau tidak.

Pihak kecamatan mengupayakan dana bantuan itu, walaupun bukan dari kecamatan namun mengupayakan dengan CSR UPK kecamatan Sedayu yaitu kelompok bimbingan ibadah haji, donatur yang tidak mau disebutkan namanya, PT. KAI, serta para stakeholder lainnya.

Advertisement

Fauzan juga menjelaskan adanya unit pengelolaan kegiatan sejumlah Rp1,5 miliar dengan berbagai rinciannya guna kesejahteraan masyarakat pula, yang sisanya juga digunakan untuk bantuan murni, pemberdayaan, modal usaha, sembako, dan lain sebagainya.

Ponijan yang sehari-hari membuat keset merasa senang dengan bantuan dari pemerintah ini. Terkait masalah kesehatan sendiri Camat Sedayu juga mengupayakan pembuatan BPJS.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif