Soloraya
Selasa, 3 Oktober 2017 - 17:15 WIB

Begini Cara Panwaslu dan Calon Panwascam Solo Buktikan Integritas

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes urine (JIBI/Solopos/Antara)

Pengecekan urine dilakukan oleh panwaslu dan calon panwascam di Kota Solo.

Solopos.com, SOLO — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Solo bersama para calon panitia pengawas kecamatan (panwascam) di Kota Solo mengikuti tes pengecekan urine di Klinik Bhayangkara, Jl. Dr. Moewardi No. 33A, Purwosari, Laweyan, Solo, Selasa (3/10/2017).

Advertisement

Mereka mengurus surat keterangan bebas narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya (narkoba) sebagai pembuktian integritas.

Ketua Panwaslu Solo, Budi Wahyono, menjelaskan setelah para kandidat panwascam dinyatakan lolos, mereka harus memenuhi persyaratan salah satunya surat bebas narkoba.

“Kemudian kami [tiga Panwaslu Solo] berembuk dan menyimpulkan akan lebih baik jika tes bebas narkoba dilakukan secara kolektif,” ujar dia saat ditemui di Sekretariat Panwaslu Solo di Kepatihan Wetan, Kecamatan Jebres, Selasa.

Advertisement

Panwaslu menggandeng Poliklinik Bhayangkara untuk melakukan pemeriksaan hari itu. “Ini Panwaslu Kota ada tiga dan panwascam ada 15 orang sehingga jumlahnya 18 orang,” terangnya.

Pengetesan itu dilakukan untuk menunjukkan integritas dan profesionalitas Panwaslu. Dari aspek integritas, Panwaslu ingin menunjukkan calon-calon panwascam sehat secara psikis dan fisik serta tidak mengonsumsi narkoba. “Sehingga mereka akan bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai regulasi yang ada,” ujar dia.

Salah seorang calon Panwascam Laweyan, Arif Nuryanto, mengaku merasa kurang enak badan sejak Senin (2/10/2017). Tetapi ia menguatkan diri untuk tidak mengonsumsi obat.

Advertisement

“Saya khawatir kalau obat yang saya konsumsi mengandung bahan yang terdeteksi sebagai Narkoba. Jadi saya baru mau minum obat setelah pengecekan urine,” kata dia.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah, Fajar Saka, berkunjung ke Sekretariat Panwaslu Kota Solo pada Selasa siang. Ia mengatakan agenda ke Solo adalah mengecek persiapan personel Panwaslu mengawal proses pendaftaran partai politik (parpol). Selain ke Solo, ia juga berkunjung ke Sukoharjo, Klaten dan Boyolali dengan agenda serupa.

“Kami juga mengecek fasilitasi pemerintah daerah terhadap kebutuhan Panwaslu kabupaten dan kota. Intinya itu,” ujarnya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif