Nguyen Xuan Son. (Istimewa/Nahn Dan Online) Nguyen Xuan Son. (Istimewa/Nahn Dan Online)
Senin, 2 Oktober 2017 06:00 WIB JIBI/Solopos.com/Antara Internasional Share :

Terbukti Korupsi, Pejabat Perusahaan Negara di Vietnam Divonis Mati

Hukuman mati Xuan Son adalah agenda bersih-bersih dilakukan oleh Vietnam.

Solopos.com, HANOI – Direktur Utama PetroVietnam, Nguyen Xuan Son divonis hukuman mati lantaran terbukti menerima gratifikasi saat menjabat. Xuo Son mengakibatkan perusahaan negara itu merugi hingga US$69 juta (sekitar Rp928 miliar).

Dilansir Reuters, Jumat (29/9/2017), Xuan Son menolak putusan yang diketok palu hakim Pengadilan Rakyat Hanoi. Pria ini mengaku terkejut dengan putusan hakim yang menurutnya keliru.

“Saya tidak percaya kalau dituntut atas sangkaan penggelapan. Saya cuma bisa terkejut dan tertegun, seperti tidak punya nyawa lagi,” kata Son.

Hukuman mati Xuan Son adalah agenda bersih-bersih dilakukan oleh Partai Komunis Vietnam, setelah mantan Perdana Menteri Nguyen Tan Dung tahun lalu kalah.

Pengadilan Hanoi telah menyidangkan 51 mantan pejabat diduga korupsi. Pengusaha sekaligus pendiri Grup Ocean dan Bank Ocean, Ha Van Tham, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena terbukti melakukan penggelapan dan menyalahgunakan wewenang. Beberapa pejabat perbankan dan Kementerian Energi juga dibui.

Partai Komunis Vietnam beralasan mereka menangkap banyak pejabat buat menekan korupsi. Namun, kritik bermunculan kalau hal itu buat menghabisi rezim sebelumnya.

Dung kalah dalam perebutan posisi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam tahun lalu dari lawannya, Nguyen Phu Trong. Dung sangat dicurigai menimbun duit haram lantaran gemar bermewah-mewahan, berbanding terbalik dengan Trong.

Sejumlah anggota Politbiro Partai Komunis Vietnam juga terseret perkara korupsi PetroVietnam. Sebab, mereka pernah duduk menjadi pimpinan. Wakil Menteri Perdagangan dan Wakil Gubernur Bank Sentral Vietnam juga dicopot dari jabatan mereka.

lowongan pekerjaan
marketing, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

LIGA 2
Babak 8 Besar Mundur, Begini Sikap Persis Solo

Liga 2 diwarnai dengan pelaksanaan babak 8 besar yang mundur. Solopos.com, SOLO — PT Liga Indonesia Baru (LIB) secara resmi mengumumkan jadwal penundaan kompetisi babak delapan besar Liga 2 yang rencananya digelar mulai Jumat (20/10/2017) mendatang. Melalui surat edaran No….