Ilustrasi sertifkat (tanda bukti hak) atas tanah. (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi sertifkat (tanda bukti hak) atas tanah. (JIBI/Solopos/Dok.)
Senin, 2 Oktober 2017 07:55 WIB Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

SERTIFIKASI TANAH
Perbub PTSL Sudah Dibahas

PTSL nantinya dapat semakin mempercepat proses sertifikasi tanah di Gunungkidul

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh BPN merupakan salah satu pendukung target sertifikasi tanah. Peraturan Bupati (Perbub) mengenai PTSL pun sudah dibahas.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menargetkan setiap tahunnya, lebih dari 50.000 bidang tanah dapat tersertifikasi oleh BPN. Target itu disokong Program Nasional Agraria (Prona) dan PTSL.

Kepala Dispertarung Gunungkidul Winaryo mengatakan, pembahasan Perbub mengenai pelaksanaan PTSL sudah selesai dilakukan. “Perbub sudah dibuat dan dirapatkan kemarin, namun belum disahkan dan ditandatangai oleh bupati. Perbub itu nanti sebagai dasar warga membayar biaya untuk PTSL,” kata dia, Minggu (1/10/2017).

Baca juga: SERTIFIKASI TANAH: Sebanyak 27.000 Bidang Tanah Ditarget Bersertifikat

Lebih lanjut, ia memastikan adapun biaya yang dibebankan kepada masyarakat nilainya tidak akan terlalu besar. Biaya tersebut pun disesuaikan dengan biaya yang telah diberlakukan di seluruh DIY.

Winaryo berharap program PTSL nantinya dapat semakin mempercepat proses sertifikasi tanah di Gunungkidul. Ia juga berharap, masyarakat proaktif untuk mendaftarkan bidang tanahnya yang belum bersertifikat.

lowongan pekerjaan
Marketing dan Surveyor, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

BERITA TERPOPULER
Crane Ambruk Hingga Cerita Foto Jokowi Lap Sepatu Pakai Tisu

Berita terpopuler Solopos.com hari ini adalah berita tentang Crane pembangunan hotel roboh menimpa rumah Ketua RT. Solopos.com, SOLO – Kecelakaan kerja terjadi dalam proses pembangunan Hotel Swiss Bell di Kampung Cinderejo Lor, RT002/RW006, Gilingan, Banjarsari, Solo. Crane milik PT Surya…