Jumbadi, salah seorang petani di Desa Jepitu sedang melakukan pemasangan jaring untuk mengantisipasi serangan monyet ekor panjang. Selasa (8/8/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja) Jumbadi, salah seorang petani di Desa Jepitu sedang melakukan pemasangan jaring untuk mengantisipasi serangan monyet ekor panjang. Selasa (8/8/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)
Senin, 2 Oktober 2017 21:55 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

SERANGAN MONYET
Waduh, Lahan Pertanian di Lima Dusun Diserang Monyet

Diharapkan, serangan-serangan itu dapat berkurang sehingga petani tidak mengalami kerugian

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-Meski hujan sudah mulai turun, tapi masyarakat di Desa Pundungsari, Kecamatan Semin, masih resah dengan ancaman serangan monyet ekor panjang (Macaca fascicularis). Hingga sekarang, lahan pertanian di lima dusun menjadi korban serangan mereka.

Lima dusun yang diserang meliputi Dusun Kutugan, Bonpon, Jelok, Tepus, dan Sedono. Salah seorang warga Dusun Sedono Suroto meyakini, serangan terjadi karena stok makanan yang dimiliki telah habis. “Sekali datang mencapai ratusan sehingga warga tidak bisa berbuat banyak,” kata Suroto kepada Harian Jogja, Senin (2/10/2017).

Serangan ini sudah dilaporkan kepada pemerintah, baik melalui pemerintah desa maupun langsung kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat melakukan kunjungan. Diharapkan, serangan-serangan itu dapat berkurang sehingga petani tidak mengalami kerugian.

“Ya, kalau terus diserang, petani yang rugi karena tidak bisa merasakan hasil karena dijarah kawanan monyet,” ucap dia.

Kepala Seksi Pelayanan Desa Pundungsari Suhardi mengakui masih ada warga yang resah akan serangan monyet. serangan ini membuat rusaknya area pertanian sehingga panen yang dihasilkan berkurang drastis. “Kami sudah mendapatkan laporan tentang serangan. Total di wilayah kami ada lima dusun yang jadi korban,” kata Suhardi.

lowongan pekerjaan
marketing, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

BERITA TERPOPULER
Crane Ambruk Hingga Cerita Foto Jokowi Lap Sepatu Pakai Tisu

Berita terpopuler Solopos.com hari ini adalah berita tentang Crane pembangunan hotel roboh menimpa rumah Ketua RT. Solopos.com, SOLO – Kecelakaan kerja terjadi dalam proses pembangunan Hotel Swiss Bell di Kampung Cinderejo Lor, RT002/RW006, Gilingan, Banjarsari, Solo. Crane milik PT Surya…